Susi Nalia, NIM: 1911010007 (2024) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS EDITORIAL DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BRAIN WRITING DI KELAS XII MIPA 3 SMAN 1 MEUREUDU. Skripsi thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena.
![[thumbnail of Suci Nalia BAB I-V.pdf]](https://eprints.bbg.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Suci Nalia BAB I-V.pdf
Download (4MB)
Abstract
Permasalahan pada siswa di kelas XII MIPA 3 SMAN 1 Meureudu yaitu rendahnya kemampuan dalam menulis teks editorial. Dalam pembelajaran Teks Editorial, guru berperan sebagai fasilitator yang memberikan model pembelajaran brain writing untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa. Penelitian ini bertujuan mengetahui peningkatan kemampuan siswa menulis teks editorial sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran Brain Writing di kelas XII MIPA 3 SMAN 1 Meureudu. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan model Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan memberikan tes dan non tes terhadap siswa. Hasil pengamatan di lapangan pada proses pembelajaran berdasarkan observasi guru pada siklus I guru melakukan kegiatan inti dengan kurang baik, saat memberikan model brain writing tidak dilakukan secara maksimal hasilnya kegiatan penutup juga tidak maksimal dilaksanakan, namun pada siklus II menujukan aktivitas guru selama proses pembelajarn peningkatan kemampuan menulis teks editorial berlangsung. Guru melakukan kegiatan awal dengan baik, selanjutnya kegiatan inti setelah diberikan model brain writing mendapatkan hasil yang baik. Selanjutnya berdasarkan observasi siswa pada siklus I menunjukkan siswa tidak mampu menulis teks editorial dalam penilaian kurang baik, namun pada siklus II setelah diberikan model brain writting menunjukkan siswa mampu menulis teks editorial dalam penilaian sangat baik. Berdasarkan hasil tes menulis teks editorial siklus I menggunakan model pembelajaran brain writting telah meningkatkan hasil belajar siswa namun terdapat kendala seperti siswa masih belum memahami sepenuhnya materi yang diajarkan. Selanjutnya pada siklus II pada pembelajaran menulis kembali isi teks editorial siswa beranggapan bahwa penggunaan model pembelajaran brain writting dalam pembelajaran menulis teks editorial dapat memudahkan proses belajar siswa. Hal ini terlihat dari hasil angket 27 siswa, (100%) siswa menyukai penggunaan model Brain Wrtitting. Adapun nilai siswa yang diperoleh rata rata nilai 96 dengan kategori sangat baik diatas KKM >75.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan, Editorial, Menulis, Brain, Writing |
Subjects: | Bahasa (400-490) > 410 Bahasa Indonesia |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Unnamed user with email eprints@bbg.ac.id |
Date Deposited: | 21 Aug 2024 07:19 |
Last Modified: | 21 Aug 2024 07:19 |
URI: | https://eprints.bbg.ac.id/id/eprint/103 |