PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI PENANAMAN NILAI-NILAI PANCASILA TERHADAP SISWA KELAS V SD NEGERI ULEE TUTU AREE

Shadilla Rusali, NIM: 1811080019 (2024) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI PENANAMAN NILAI-NILAI PANCASILA TERHADAP SISWA KELAS V SD NEGERI ULEE TUTU AREE. Skripsi thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena.

[thumbnail of Shadilla Rusali BAB I-V.pdf] Text
Shadilla Rusali BAB I-V.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pengembangan LKPD dilakukan untuk mempermudah dan meningkatkan pemahaman terhadap materi pembelajaran yang isinya dirancang dan dikembangkan sesuai dengan kondisi dan situasi yang akan dihadapi oleh siswa pada serangakian kegiatan dan latihan pada LKPD. Salah satu LKPD yang dapat menunjang proses pembelajaran yaitu LKPD beerbasis problem based learning. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Kevalidan pengembangan LKPD Berbasis Problem Based Learning pada materi penanaman nilai-nilai pancasila terhadap siswa kelas V SD Negeri Ulee Tutu Aree, serta untuk melihat efektifitas hasil belajar siswa Kelas V SD Negeri Ulee Tutu Aree menggunakan LKPD Berbasis Problem based learning Pada Materi Penanaman Nilai- Nilai Pancasila. Pendekatan penelitian ini menggunakan model ADDIE. Penelitian ini dilakukan ini dilakukan pada Siswa Kelas V SD Negeri Ulee Tutu Aree yang berjumlah 20 siswa. Teknk pengumpulan data yang dilakukan yakni angket(koesioner), hasil tes belajar siswa dan dukumentasi. Berdasarkan masil penelitian menunjukan bahwa pada kevalidan pengembangan berbasis Problem Based Learning pada materi penanaman nilai-nilai pancasila, bahwa pada validasi ahli materi diperoleh sebesar 96%, validasi ahli bahasa diperoleh nilai sebesar 84% dan validator ahli desain diperoleh nilai 92% dengan nilai keseluruhan validasi sebesar 90,66% dengan kriteria “Sangat Layak”. Pada hasil kepraktisan pengembangan LKPD berbasis problem based learning pada materi penanaman nilai-nilai pancasila dengan menggunakan angket respon guru bahwa diperoleh pesentase penilaian dengan skor 98,18% dengan kriteria “Sangat praktis”. Sedangkan efektifitas hasil belajar siswa kelas V terhadap penggunaan LKPD Berbasis Problem based learning Pada Materi Penanaman Nilai-Nilai Pancasila dikelathui bahwa diperoleh nilai rata-rata keseluruhan siswa sebesar 83,33 dengan kriteria “Sangat Efektif”. Oleh karena itu dapat simpulkan bahwa penggunaan LKPD Berbasis Problem based learning Pada Materi Penanaman Nilai-Nilai Pancasila terhadap hasil belajar siswa Kelas V SD Negeri Ulee Tutu Aree efektif digunakan dalam proses pembelajaran dikelas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Problem Based Learning, Hasil Belajar siswa
Subjects: Ilmu Sosial (300-399) > 370 Pendidikan > 372.2 PGSD
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with email eprints@bbg.ac.id
Date Deposited: 21 Aug 2024 07:50
Last Modified: 21 Aug 2024 07:50
URI: https://eprints.bbg.ac.id/id/eprint/108

Actions (login required)

View Item
View Item