PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI PADA MATERI EKOSISTEM BERBASIS KEARIFAN LOKAL DI KELAS V SDN KAJHU ACEH BESAR

Fardiana, NIM: 1911080014 (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI PADA MATERI EKOSISTEM BERBASIS KEARIFAN LOKAL DI KELAS V SDN KAJHU ACEH BESAR. Skripsi thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena.

[thumbnail of Fardiana BAB I-V.pdf] Text
Fardiana BAB I-V.pdf

Download (2MB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi media yang digunakan guru IPA SD N Kajhu memiliki kekurangan seperti gambar yang tidak berwarna serta kurang jelas dan bahasa yang sulit dipahami sehingga siswa cepat bosan dan kurang memperhatikan penjelasan dari guru. Video merupakan media audio visual yang memperjelas sajian ide dan mengilustrasikan, serta memberikan gambaran yang lebih realistik, maka peneliti mengembangkan video pembelajaran yang mengkangkat materi ekosistem serta dikemas dengan kearifan lokal serta keadaan ekosistem terkini dan literasi lingkungan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan video animasi berbasis kearifan lokal pada materi ekosistem. Metode yang digunakan penelitian dan pengembangan (R&D), model Allesi dan Trolip dengan tiga tahap yaitu perencanaan (planning), desain (design), dan pengembangan (development). Tahap perencanaan terdiri atas identifikasi kebutuhan, analisis media pembelajaran, dan membuat dokumen perencanaan. Tahap desain terdiri atas pengembangan ide pokok dan pembuatan video. Tahap pengembangan terdiri atas pengujian alpa test dan beta test. Hasil Vide Alpa testing menunjukan kevalidan video pembelajaran aspek bahasa 81,2%, aspek materi 70,4% dan aspek media 75%. Hasil Beta testing terhadap video pembelajaran berbasis literasi lingkungan dinyatakan sangat layak. Hasil dari aspek angket respon siswa mendapatkan persentase 89,1%, dari hasil uji coba produk mendapatkan persentase 84,8%, dapat disimpulkan bahwa media video animasi pada materi ekosistem berbasis kearifan lokal dinyatakan layak dan berhasil. Hasil keseluruhan mendapatkan persentase 80,1% dengan kategori “Layak”. Sehingga dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil yang diperoleh, menunjukkan bahwa video animasi berbasis kearifan lokal layak digunakan untuk peserta didik khususnya di Sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Ekosistem, Kearifan Lokal, Video Animasi
Subjects: Ilmu Sosial (300-399) > 370 Pendidikan > 372.2 PGSD
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with email eprints@bbg.ac.id
Date Deposited: 21 Aug 2024 07:57
Last Modified: 21 Aug 2024 07:57
URI: https://eprints.bbg.ac.id/id/eprint/109

Actions (login required)

View Item
View Item