PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCRIPTTERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 1 BAITUSSALAM

Desti Aprilisa, NIM: 1611050015 (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCRIPTTERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 1 BAITUSSALAM. Skripsi thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena.

[thumbnail of Desti Aprilisa BAB I-V.pdf] Text
Desti Aprilisa BAB I-V.pdf

Download (8MB)

Abstract

Matematika termasuk salah satu bidang studi yang menduduki peranan penting dalam dunia pendidikan. Sebagai bukti pelajaran matematika merupakan mata pelajaran yang diterapkan diberbagai tingkat pendidikan, mulai dari SD, SMP, SMA bahkan sampai perguruan tinggi. Model kooperatif tipe script merupakan model belajar dimana siswa bekerja berpasangan dan bergantian secara lisan dalam mengintisarikan bagian-bagian dari materi yang dipelajari. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matemtika melalui penerapan pembelajaraan kooperatif tipe script di kelas XI-MIA2 SMA Negeri 1 Baitussalam. Metode yang digunakan penelitian ini adalah metode eksperimen subjek tunggal (single subjek eksperiment). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Baitussalam yang berjumlah 110 siswa. Sampel penelitian ini adalah kelas XI-MIA2 sebagai sampel penelitian dengan jumlah siswa sebanyak 28 orang. Dalam penelitian ini, penulis hanya menggunakan satu teknik pengumpulan data berupa tes tulis yaitu pre-test dan post-test. Setelah data penelitian terkumpul yang disajikan dalam tabel skor pre-test dan post-test, kemudian data tersebut diolah dan dianalisis dengan menggunakan statistik uji-t. Hasil penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe script dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI-MIA2 di SMA Negeri 1 Baitussalam dinyatakan telah berhasil dengan baik. Hal ini berdasarkan hasil penelititan di kelas XI-MIA2 di SMA Negeri 1 Baitussalam bahwa data yang diperoleh dari hasil uji hipotesi diketahui bahwa harga thitung adalah 3,85. Selanjunya harga t yang diperoleh (thitung) tersebut dibandingkan dalam tabel nilai persentil untuk distribusi (ttabel). Dati ttabel dapat pada taraf signifikansi α= 0,05 dengann derajat kebebasan db = 28 - 1 = 27, diketahui harga ttabel adalah 1,703. Dengan demikian, hipotesis yang enyatakan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe script meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI-MIA2 di SMA Negeri 1 Baitussalam dapat diterima dan terbukti benar secara ilmiah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran, Script, Hasil Belajar
Subjects: Sains (500-599) > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Unnamed user with email eprints@bbg.ac.id
Date Deposited: 21 Aug 2024 08:54
Last Modified: 21 Aug 2024 08:54
URI: https://eprints.bbg.ac.id/id/eprint/116

Actions (login required)

View Item
View Item