Wilda Rizkiana, NIM: 1911050049 (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBASIS VIDEO ANIMASI PADA MATERI BARISAN DAN DERET DI SMA NEGERI 1 KRUENG BARONA JAYA. Skripsi thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena.
![[thumbnail of Wilda Rizkiana BAB I-V.pdf]](https://eprints.bbg.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Wilda Rizkiana BAB I-V.pdf
Download (9MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar siswa kelas X di SMA Negeri 1 Krueng Barona Jaya materi barisan dan deret aritmatika dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbasis Video Animasi. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X-2 yang berjumlah 25 orang, dan kelas X-3 berjumlah 26 orang yang dipilih melalui teknik Purposive Sampling. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis Pretest-Posttest Control Group Design. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar pengamatan, tes/soal, dokumentasi. Melalui tabel Paired Sample T-test didapatkan thitung pada kelas eksperimen |-17,719| > 2,060 t tabel dengan sig. (2-tailed) adalah 0.000 (p < 0.05) sehingga mengalami perubahan yang signifikan, dan pada kelas kontrol didapatkan thitung |-18,031| > 2,064 t tabel dengan sig . (2-tailed) adalah 0.000 (p < 0.05) sehingga mengalami perubahan yang signifikan. Aktivitas guru berada pada kategori sangat baik dengan nilai 58 dan rata-rata 3,8. Aktivitas siswa berada pada kategori sangat baik dengan nilai 52 dan rata-rata 4. Berdasarkan hal tersebut didapatkan bahwa kriteria pengambilan keputusan yaitu Ha diterima H0 ditolak yang artinya terdapat peningkatan hasil belajar menggunakan model Problem Based Learning (PBL) berbasis video animasi materi barisan dan deret di SMA Negeri 1 Krueng Barona Jaya.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Sains (500-599) > 510 Matematika |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Unnamed user with email eprints@bbg.ac.id |
Date Deposited: | 21 Aug 2024 09:47 |
Last Modified: | 21 Aug 2024 09:47 |
URI: | https://eprints.bbg.ac.id/id/eprint/119 |