PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI HURUF ALFABET DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN KELAS I SD NEGERI 9 SIMEULUE TENGAH

Resti Azharita, NIM: 1911080079 (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI HURUF ALFABET DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN KELAS I SD NEGERI 9 SIMEULUE TENGAH. Skripsi thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena.

[thumbnail of Resti Azharita BAB I-V.pdf] Text
Resti Azharita BAB I-V.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan bahasa termasuk sastra yang merupakan salah satu wahana untuk membentuk karakter peserta didik. Membaca merupakan suatu hal yang penting dalam segala macam proses pembelajaran, membaca permula ini tahap awal dalam belajar membaca yang difokuskan kepada mengenal simbol-simbol atau tanda- tanda yang berkaitan dengan huruf-huruf sehingga menjadi pondasi agar anak dapat melanjutkan ketahap membaca permula. Media pembelajaran merupakan wahana penyaluran pesan dan informasi belajar, media pembelajaran yang dirancang secara baik akan sangat membantu peserta didik dalam memahami materi pembelajaran. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran video animasi huruf alfabet terhadap keterampilan membaca permulaan. Jenis penelitian eksperimen dan menggunakan metode one group test-post test. hasil pada tes awal (pre test) seluruh aspek yang di nilai mendapat kriteria “Kurang” dengan rata-rata keterampilan membaca permulaan peserta didik sebesar 33% artinya keterampilan peserta didik belum sesuai yang diharapkan. Sedangkan setelah diberi perlakuan berupa media pembelajaran video animasi peningkatan keterampilan membaca peserta didik dapat mencapai sesuai dengan harapan peneliti yakni seluruh aspek yang di nilai mendapat kriteria “Baik” dan “Sangat Baik” dan rata-rata peningkatan peserta didik sebesar 84% yang melebihi indikator keberhasilan artinya keterampilan peserta didik sudah sesuai yang diharapkan. Dari hasil tersebut, kesimpulan dari penelitian ini bahwa penggunaan media pembelajaran video animasi huruf alfabet dalam meningkatkan keterampilan membaca permulaan kelas I SD Negeri 9 Simeulue Tengah berpengaruh secara positif pada keterampilan membaca permulaan peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media Video, Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan
Subjects: Ilmu Sosial (300-399) > 370 Pendidikan > 372.2 PGSD
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with email eprints@bbg.ac.id
Date Deposited: 22 Aug 2024 01:41
Last Modified: 22 Aug 2024 01:41
URI: https://eprints.bbg.ac.id/id/eprint/122

Actions (login required)

View Item
View Item