Lutia Wati, NIM: 1912210185 (2023) PENGARUH EDUKASI VIDEO ANIMASI TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN ANAK TENTANG MENGGOSOK GIGI DENGAN BENAR DI SD NEGERI 2 DARUL FALAH KECAMATAN DARUL FALAH KABUPATEN ACEH TIMUR. Skripsi thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena.
![[thumbnail of Lutiawati BAB I-V.pdf]](https://eprints.bbg.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Lutiawati BAB I-V.pdf
Download (3MB)
Abstract
Cara menggosok gigi dengan baik dan benar merupakan faktor yang sangat berpengaruh dalam menjaga kebersihan gigi dan mulut. Yang meliputi kebersihan gigi adalah menggosok gigi yang benar, frekuensi atau jumlah menggosok gigi, serta bentuk dari sikat gigi, kebiasaan menggosok gigi yang benar yaitu sehari dua kali yaitu setelah sarapan pagi dan dimalam hari seblum tidur.Anak dengan usia sekolah merupakan usia yang memerlukan perawatan yang intensif. Karena pada usia tersebut anak akan mengalami pertumbuhan dan pergantian gigi baru,dan metode video animasi adalah salah satu media yang efektif sebagai media edukasi untuk anak usia sekolah, dikarenakan penyampaian pesan pada video animasi tidak hanya tertuang dalam bahasa tulis namun bisa dengan bahasa gambar atau video animasi. Tujuan : penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Edukasi Video Animasi Terhadap Peningkatan Pengetahuan Anak Tentang Menggosok Gigi Dengan Benar Di Sd Negeri 2 Darul Falah Kecamatan Darul Falah Kabupaten Aceh Timur. Metode : Penelitian ini menggunakan rancangan metode kuantitatif dengan pendekatan quasy esperimental dan rancangan one group pre-test dan post-test. Sampel berjumlah 32 siswa/siswi dengan teknik pengambilan sampel yaitu total sampling. Hasil penelitian : ini sebelum diberikan edukasi media video animasi (Pre-Test) tingkat pengetahuan anak tentang menggosok gigi dengan benar didapatkan sebagian kecil 9 (28.1%) responden memiliki pengetahuan baik, sedangkan sebagian besar dari 23 (71.9%) responden memiliki pengetahuan kurang baik. Sedangkan perubahan yang terjadi sesudah diberikan edukasi media video animasi (Post-Test) didapatkan sebagian besar dari 24 (75.0%) responden memiliki pengetahuan baik dan hampir setengahnya dari 8 (25.0%) responden memiliki pengetahuan kurang baik. Setelah dilakukannya uji normalitas dengan menggunakan Kolmogorov-Smirnov didapatkan hasil sebelum diberikan edukasi media video animasi dengan jumlah 0.000 dan sesudah diberikan edukasi media video animasi dengan jumlah 0.000, maka peneliti menggunakan uji Wilcoxon Signed Ranks Test dan didapatkan hasil sebelum diberikan edukasi media video animasi dengan nilai mean rank 8,00 nilai min-maks 1-2 dan sesudah diberikan terapi dengan nilai mean rank 0,00 nilai min-maks 1-2 dan nilai Ζ -3.873a dan nilai signifikan sebesar 0.000. Maka hasil pada penelitian ini p-value 0.000 (0.000
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengetahuan,Edukasi Video Animasi |
Subjects: | Teknologi (600-699) > 610 Ilmu Keperawatan |
Divisions: | Fakultas Sains, Teknologi dan Ilmu Kesehatan > S1 Keperawatan |
Depositing User: | Unnamed user with email eprints@bbg.ac.id |
Date Deposited: | 22 Aug 2024 02:36 |
Last Modified: | 22 Aug 2024 02:36 |
URI: | https://eprints.bbg.ac.id/id/eprint/126 |