PENINGKATAN HASIL BELAJAR PADA MATERI TEKS HIKAYAT MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA SISWA KELAS X SMAN 12 BANDA ACEH

Widia Saputri, NIM: 1911010051 (2024) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PADA MATERI TEKS HIKAYAT MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA SISWA KELAS X SMAN 12 BANDA ACEH. Skripsi thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena.

[thumbnail of Widia Saputri BAB I-V.pdf] Text
Widia Saputri BAB I-V.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Peningkatan Hasil Belajar Materi Teks Hikayat Melalui Penerapan Model Contectual Teaching And Learning pada Siswa Kelas X SMAN 12 Banda Aceh”. Rumusan masalah dalam penelitian tindakan kelas ini, yaitu “1.Bagaimana peningkatan hasil belajar pada materi teks hikayat melalui model pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) pada siswa kelas X SMAN 12 Banda Aceh? 2.Bagaimana aktivitas peningkatan hasil belajar pada materi teks hikayat melalui model pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) pada siswa kelas X SMAN 12 Banda Aceh?”. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran siswa kelas X SMAN 12 Banda Aceh, hipotesis tindakan penelitian ini yaitu melalui penerapan model Contextual Teaching And Learning pada materi teks hikayat dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X SMAN 12 Banda Aceh. Subjek penelitian yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas X IPAS 2 SMAN 12 Banda Aceh dengan jumlah siswa 32 orang. Alat penggumpulan data dilakukan dengan cara tes setiap akhir pembelajaran siklus untuk mengetahui hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran yang dilakukan akhir pembelajaran siklus. Analisis data dilakukan dengan menghitung persentase hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan terjadinya peningkatan terhadap hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran. Hasil belajar siswa secara klasikal sebelum diterapkan model pembelajaran Contextual Teaching And Learning dalam proses pembelajaran pada materi teks hikayat hanya 70,19%. Sedangkan setelah diterapkannya model Contextual Teaching And Learning dalam proses pembelajaran hasil belajar siswa secara klasikal pada siklus I meningkat menjadi 74,44% dan mengalami peningkatan lagi menjadi 81,38% pada siklus II, sehingga dapat disimpulkan model pembelajaran Contextual Teaching And Learning yang diterapkan dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X SMAN 12 Banda Aceh pada materi teks hikayat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peningkatan hasil belajar teks hikayat Contextual Teaching And Learning
Subjects: Bahasa (400-490) > 410 Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Unnamed user with email eprints@bbg.ac.id
Date Deposited: 22 Aug 2024 02:58
Last Modified: 22 Aug 2024 02:58
URI: https://eprints.bbg.ac.id/id/eprint/130

Actions (login required)

View Item
View Item