Irwani Septiana, NIM: 1811010045 (2024) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS EDITORIAL DENGAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) KELAS XII IPS 1 SMA NEGERI 4 BANDA ACEH. Skripsi thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena.
![[thumbnail of Ilwani Septiana BAB I-V.pdf]](https://eprints.bbg.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Ilwani Septiana BAB I-V.pdf
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Editorial Dengan Model project based learning pada siswa kelas XII IPS 1 SMA Negeri 4 Banda Aceh. Penggunaan model pembelajaran project based learning diharapkan mampu mempermudah siswa dalam memahami materi dan mampu menulis teks editorial agar kemampuan siswa meningkat. Melalui model pembelajaran project based learning peningkatan dapat dilihat secara proses maupun hasil. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 4 Banda Aceh. Pelaksanaan penelitian ini terbagi dalam dua siklus, setiap siklus dilaksanakan sebanyak dua kali pertemuan. Data penelitian diperoleh melalui (1) tes, dan (2) observasi pada saat proses pembelajaran berlangsung. Teknik analisis data dilakukan dengan teknik kualitatif. Kriteria keberhasilan dalam penelitian ini dapat dlihat dari adanya perubahan nilai yang lebih baik di setiap siklusnya. Keberhasilan penelitian ini dilihat dari dua kriteria, yaitu keberhasilan proses dan hasil. Hasil penelitian yang diperoleh adalah sebagai berikut. Pertama, penggunaan model pembelajaran project based learning mampu meningkatkan keterampilan pembelajaran menulis teks editorial pada siswa. Hal ini ditunjukkan pada peningkatan proses di aspek situasi belajar, siswa lebih fokus dalam pembelajaran, siswa juga semakin aktif dalam berkelompok, dan pembelajaran menulis teks editorial menjadi lebih menyenangkan. Penggunaan model pembelajaran project based learning dapat meningkatkan hasil keterampilan menulis editorial. Secara keseluruhan pada siklus I hingga akhir siklus II semua aspek dan kriteria menulis editorial mengalami peningkatan yang signifikan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran project based learning berhasil dan mampu meningkatkan keterampilan menulis teks editorial siswa kelas XII IPS 1 SMA Negeri 4 Banda Aceh.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Menulis, Teks Editorial, Project Based Learning |
Subjects: | Bahasa (400-490) > 410 Bahasa Indonesia |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Unnamed user with email eprints@bbg.ac.id |
Date Deposited: | 22 Aug 2024 04:03 |
Last Modified: | 22 Aug 2024 04:03 |
URI: | https://eprints.bbg.ac.id/id/eprint/135 |