Kittya Rahma, NIM: 1911010017 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM BELAJAR MENULIS TEKS NEGOSIASI SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 ACEH BARAT DAYA TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Skripsi thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena.
![[thumbnail of Kittya Rahma BAB I-V.pdf]](https://eprints.bbg.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Kittya Rahma BAB I-V.pdf
Download (6MB)
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh model problem based learning (PBL) pada pembelajaran menulis teks negosiasi pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar menulis teks negosiasi siswa kelas X SMA Negeri 2 Aceh Barat Daya tahun pembelajaran 2022/2023. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan desain Pretest-Posttest Control Group Design . Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 2 Aceh Barat Daya yang banyaknya 8 kelas dan jumlah siswa 284 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling atau pengambilan sampel secara acak terpilih kelas X-3 sebanyak 34 siswa sebagai kelompok eksperimen dan X-4 sebanyak 36 siswa sebagai kelompok kontrol. Instrument penelitian yang digunakan yaitu soal tes pretest – posttest. Tes yang diberikan merupakan pretest - postest dalam bentuk uraian sebanyak dua soal. Treatment yang diberikan pada kelompok eksperimen adalah dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning (PBL) Sedangkan pada kelas kontrol menggunakan kooperatif learning. Hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran problem based learning (PBL) berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas X pada pembelajaran menulis teks negosiasi, terlihat bagian std error mean di kelas eksperimen sebesar 3.080 sedangkan pada kelas kontrol sebesar 4.714 yang termasuk dalam kategori perlakuan cenderung berhasil. Hasil uji perbedaan selisih skor pretest – postest menggunakan statistik parametrik dengan independent sample t-test menunjukan bahwa rerata selisih skor pada kelompok eksperimen (M = 80,56, SE = 1,76) lebih
tinggi daripada rerata selisih skor pada kelompok kontrol (M = 50,83, SE = 3,91). Perbedaan tersebut signifikan dengan α = 0,05 dan dk 33 diperoleh thitung = 8,012 ttabel = 2,034 dan nilai sig. (2 – tailed) = 0,000 < α = 0,05. Dari hasil perhitungan, diperoleh kriteria thitung > ttabel bearti H0 ditolak dan Ha diterima artinya ada perbedaan yang signigikan antara selisih skor pretest-postest pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Maka dari itu perlakuan model problem based learning pada pembelajaran teks negosiasi di kelas eksperimen X.3 SMAN 2 Aceh Barat Daya dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Problem Based Learning (PBL) Negosiasi, Hasil Belajar |
Subjects: | Bahasa (400-490) > 410 Bahasa Indonesia |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Unnamed user with email eprints@bbg.ac.id |
Date Deposited: | 22 Aug 2024 04:07 |
Last Modified: | 22 Aug 2024 04:07 |
URI: | https://eprints.bbg.ac.id/id/eprint/136 |