PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS NEGOSIASI PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 MEUREUDU

Munauwarah, NIM: 1911010021 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS NEGOSIASI PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 MEUREUDU. Skripsi thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena.

[thumbnail of Munauwarah BAB I-V.pdf] Text
Munauwarah BAB I-V.pdf

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan metode deskriptif dengan subyek penelitian siswa kelas X SMAN 1 Meureudu tahun pelajaran 2022/2023 dengan jumlah siswa 27, yang terdiri dari 12 siswa laki- laki dan 15 siswa perempuan. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data penelitian ini adalah teknik tes.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran menulis teks negosiasi dengan menggunakan model project based learning berpengaruh digunakan, karena skor rata-rata pada posttest lebih tinggi dibandingkan pretest. hal ini ditunjukkan dengan hasil uji t, dan diperoleh ttabellsebesar 1,706, dan thitung sebesar 15,019, df = 26, p=0,000 yang berarti signifikan. Pembelajaran menulis teks negosiasi tanpa menggunakan model project based learning tidak pengaruh. Hal ini dikarenakan modelpembelajaran konvensional (tanpa menggunakan model project based learning) tidak cocok digunakan dalam pembelajaran menulis teks negosiasi. Pembelajaran menulis teks negosiasi berpengaruh digunakan pada siswa kelas X ipa 1. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatanskor rata-rata pada posttest. Skor rata-rata pada pretest diperoleh sebesar 60,70, sedangkan pada posttest skor rata-rata meningkat menjadi 82,81.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Project Based Learning, Teks Negosiasi, SMA Negeri 1 Meuredu
Subjects: Bahasa (400-490) > 410 Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Unnamed user with email eprints@bbg.ac.id
Date Deposited: 22 Aug 2024 04:11
Last Modified: 22 Aug 2024 04:11
URI: https://eprints.bbg.ac.id/id/eprint/137

Actions (login required)

View Item
View Item