Putri Ramayanti, NIM: 1911050001 (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA PADA MATERI TURUNAN FUNGSI ALJABAR DI SMA NEGERI 15 ADIDARMA BANDA ACEH. Skripsi thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena.
![[thumbnail of Putri Ramayanti Bab I-V.pdf]](https://eprints.bbg.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Putri Ramayanti Bab I-V.pdf
Download (9MB)
Abstract
Kegiatan pembelajaran yang digunakan oleh guru hanya berfokus pada pembelajaran yang sudah ada. Hal ini menyebabkan optimalisasi keterampilan berpikir kritis terhambat, Oleh karena itu dari permasalahan ini adalah dengan adanya Pembelajaran Blended Learning yang dianggap cocok untuk diterapkan dalam pembelajaran matematika. Karena dalam Pembelajaran Blended Learning mampu memadukan proses sinkron dan asinkron sehingga lebih memudahkan tercapainya tujuan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran Blended Learning terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa pada materi turunan fungsi aljabar di kelas XI IPA SMA Negeri 15 Adidarma Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan
kuantitatif dengan desain pra eksperimen. Penelitian ini dilakukan SMA Negeri 15 Adidarma Banda Aceh pada siswa kelas XI IPA yang berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan melakukan pre test dan post test untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis matematis siswa.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan hasil kemampuan berpikir kritis matematis siswa pada pre test bahwa dari hasil keseluruhan diperoleh jumlah skor keseluruhan 66 dengan persentase 23,57% dan dikategorikan “Kurang Baik”.
Sedangkan bahwa hasil kemampuan berpikir kritis matematis siswa pada post test menggunakan model pembelajaran blended learning pada materi turunan fungsi aljabar bahwa dari hasil keseluruhan diperoleh jumlah skor keseluruhan 199 dengan persentase 71,07% dan dikategorikan “Baik”. Sedangkan berdasarkan hasil uji hipotesis bahwa diperoleh nilai ttabe dengan derajat kebebasan 20 - 2 (dk = 18) pada taraf signifikasi α = 0,05 adalah sebesar 1,733 dan nilai thitung adalah sebesar 8,021. Hal ini berarti bahwa thitung = 8,021 > ttabel = 1,733. Maka di ambil kesimpulan Ha diterima dan Ho ditolak artinya adanya adanya pengaruh pembelajaran blended learning terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa pada materi turunan fungsi aljabar di kelas XI IPA SMA Negeri 15 Adidarma Banda Aceh.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Blended Learning, Berpikir Kritis Matematis, Turunan Fungsi Aljabar |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Unnamed user with email eprints@bbg.ac.id |
Date Deposited: | 21 Mar 2024 02:11 |
Last Modified: | 21 Mar 2024 02:11 |
URI: | https://eprints.bbg.ac.id/id/eprint/14 |