Masrahul Fakhri, NIM: 1911080089 (2023) PENGGUNAAN ALAT MUSIK GITAR DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA KELAS VI PADA PELAJARAN SBDP DI SDN 1 BLANGPIDIE. Skripsi thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena.
![[thumbnail of Masraul Fakhri BAB I-V.pdf]](https://eprints.bbg.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Masraul Fakhri BAB I-V.pdf
Download (9MB)
Abstract
Pembelajaran SBdP di SD memberikan kesempatan bagi siswa untuk mengembangkan kreativitas dan ekspresi diri mereka melalui kegiatan seni, siswa dapat mengungkapkan ide-ide mereka, mewujudkan imajinasi mereka, dan mengekspresikan perasaan mereka. Tujuan penelitian ini adalah Untuk menganalisis apakah penggunaan alat musik gitar dapat meningkan pemahaman siswa kelas VI-A pada pelajaran SBdP di SDN 1 Blangpidie, serta respon dan aktivitas siswa pada Pembelajran SBdP dengan penggunaan alat musik gitar. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan jenis pendekatan desain penelitian one group pretest- posttest design. Penelitian ini dilakukan pada kelas VI SD Negeri 1 Blangpidie dengan jumlah sampel 23 siswa. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu berupa pre test dan post test hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Negeri 1 Blangpidie sebelum dan sesudah pembelajaran menggunakan alat musik gitar serta angket respon dan observasi aktivitas siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar pre test diperoleh rata-rata nilai keseluruhan sebesar 59,13 dan hasil belajar post test setelah pembelajaran menggunakan alat musik gitar pada pelajaran SBdP rata-rata nilai keseluruhan sebesar 81,30. Sedangkan uji hipotesis bahwa diperoleh nilai t tabel dengan derajat kebebasan 23 - 1 (dk = 22) pada taraf signifikasi α = 0,05 adalah sebesar 1,717 dan nilai t hitung adalah sebesar 8.829. Hal ini bahwa t hitung = 8.829 > t tabel = 1.729. Maka diambil kesimpulan Ha diterima dan Ho ditolak, maka adanya pengaruh pemahaman siswa terhadap penggunaan alat musik gitar dalam pelajaran SBdP di kelas VI SDN 1 Blangpidie. Berdasarkan angket respon siswa kelas VI-A SDN 1 Blangpidie terhadap penggunaan alat musik gitar pada pelajaran SBdP berjumlah 23 siswa diperoleh rata-rata 2.88, artinya bahwa respon siswa terhadap penggunaan alat musik gitar pada pelajaran SBdP “positif”. Sedangkan hasil observasi aktivitas siswa kelas VI-A SDN Negeri 1 Blangpidie setelah penggunaan alat musik gitar pada pelajaran SBdP bahwa diperoleh persentase sebasar 84.48% dengan kriteria “Baik”. Oleh karena itu penggunaan alat musik gitar pada pelajaran SBdP terhadap kelas VI-A SDN 1 Blangpidie diterapkan dalam pembelajaran dikelas serta dapat meningkatkan pemahaman siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran SBdp, Alat Musik Gitar, Hasil Belajar siswa |
Subjects: | Ilmu Sosial (300-399) > 370 Pendidikan > 372.2 PGSD |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email eprints@bbg.ac.id |
Date Deposited: | 22 Aug 2024 04:35 |
Last Modified: | 22 Aug 2024 04:35 |
URI: | https://eprints.bbg.ac.id/id/eprint/140 |