PENINGKATAN HASIL BELAJAR PADA MATERI MENULIS TEKS PIDATO MELALUI MODEL PEM- BELAJARAN PROBLEM BASEDLEARNING SISWA KELAS XI SMANEGERI 1 BLANGPEGAYON

Anistia, NIM: 1911010003 (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PADA MATERI MENULIS TEKS PIDATO MELALUI MODEL PEM- BELAJARAN PROBLEM BASEDLEARNING SISWA KELAS XI SMANEGERI 1 BLANGPEGAYON. Skripsi thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena.

[thumbnail of Anistia BAB I-V.pdf] Text
Anistia BAB I-V.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar pada materi menulis teks pidato menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning siswa kelas XI SMA Negeri 1 Blangpegayon. Rumusan masalah yang ada dalam penelitian ini ada dua yaitu: 1. Bagaimana kemampuan siswa terhadap pembelajaran menulis teks pidato setelah menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning. 2. Apakah penggunaan model pemeblajaran Problem Based Learning sudah sesuai untuk materi menulis teks pidato. Penelitian ini mengunakan jenis penelitian ini tindakan kelas (PTK). Penelitian ini terdiri dari dua siklus, setiap siklus terdiri dari tahap perencanaa, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa tes dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis data kualitatif. Hasil penelitian yang telah dilakukan pada siklus I persentase ketuntasan masih dibawah batas ketuntasan minimal, yaitu, hanya sebesar 33,3%. Pada siklus II presentase ketuntasan minimal sebesar 77%. Hasil ini menunjukkan bahwa hasil belajar pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 44% dari hasil minimal ketuntasan kriteria KKM. KKM pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas XI SMP Negeri 1 Blangpegayon adalah 75,00. Berdasarkan hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar menulis teks pidato pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Blangpegayon.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning, Menulis teks pidato.
Subjects: Bahasa (400-490) > 410 Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Unnamed user with email eprints@bbg.ac.id
Date Deposited: 22 Aug 2024 05:00
Last Modified: 22 Aug 2024 05:00
URI: https://eprints.bbg.ac.id/id/eprint/144

Actions (login required)

View Item
View Item