EFEKTIVITAS MODEL PBL BERBANTUKAN VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP LITERASI NUMERASI BERBASIS AKM MATERI BILANGAN CACAH KELAS II SDN 69 BANDA ACEH

Eka Safitri Hadinningsih, NIM: 1811080047 (2023) EFEKTIVITAS MODEL PBL BERBANTUKAN VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP LITERASI NUMERASI BERBASIS AKM MATERI BILANGAN CACAH KELAS II SDN 69 BANDA ACEH. Skripsi thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena.

[thumbnail of Eka Safitri Hadinningsih BAB I-V.pdf] Text
Eka Safitri Hadinningsih BAB I-V.pdf

Download (4MB)

Abstract

Problem Based Learning atau Pembelajaran Berbasis Masalah adalah salah satu strategi pembelajaran, di mana siswa dihadapkan pada masalah nyata yang kontekstual dengan kehidupan sehari-hari untuk memperoleh pengetahuan sehingga dapat menyelesaikan masalah tersebut berdasarkan pengetahuannya. Video pembelajaran memberikan pemahaman dan keterampilan yang lebih tersetruktur serta mempermudah guru dalam menyampaikan materi pembelajaran terutama yang bersifat praktek. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana Efektivitas Model PBL Berbantukan Video Pembelajaran Terhadap Literasi Numerasi Berbasis AKM Materi Bilangan Cacah Kelas II SDN 69 Banda Aceh. Jenis penelitian yang ini adalah penelitian pra eksperimen, dengan desain one-group pre-test-post-test design yaitu satu kelompok eksperimen diukur variabel dependennya (pre-test), kemudian diberikan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran berbasis Video Pembelajaran, dan diukur kembali variabel dependennya (post-test), tanpa ada kelompok pembanding. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari perhitungan dari hasil pre-test, diperoleh nilai diperoleh rata-rata = 6,71 standar deviasi S2 = 23.229 dan simpangan baku S1 = 152 sedangkan pada hasil hitungan post-test nilai rata-rata = 9,32 standar deviasi S2 = 429 dan simpangan baku S1 = 20,71. Adapun perolehan hitungan nilai thitung yang diperoleh yaitu 5,55 sedangkan nilai ttabel 1.69, jadi thitung>ttabel sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Ha: Penggunaan media pembelajaran berbasis Video pembelajaran efektif dalam meningkatkan literasi numerasi berbasis AKM materi bilangan cacah di kelas II SDN 69 Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model PBL, Video Pembelajaran, Literasi Numerasi Berbasis AKM & Bilangan Cacah
Subjects: Ilmu Sosial (300-399) > 370 Pendidikan > 372.2 PGSD
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with email eprints@bbg.ac.id
Date Deposited: 22 Aug 2024 07:25
Last Modified: 22 Aug 2024 07:25
URI: https://eprints.bbg.ac.id/id/eprint/147

Actions (login required)

View Item
View Item