ANALISIS PERAN ORANGTUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK NEGERI MELATI LABUHAN BAKTI SIMEULUE

Nurul Hairia, NIM: 191170037 (2023) ANALISIS PERAN ORANGTUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK NEGERI MELATI LABUHAN BAKTI SIMEULUE. Skripsi thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena.

[thumbnail of Nurul BAB I-V.pdf] Text
Nurul BAB I-V.pdf

Download (505kB)

Abstract

Orangtua merupakan madrasah awal dan utama bagi anak-anak, tanpa orangtua anak tidak bisa mendapatkan pendidikan yang layak. Dibutuhkan peran orangtua dalam pendidikan anak sehingga anak termemotivasi untuk belajar. Penelitian ini bertujuan untuk (1) untuk mengetahui motivasi belajar usia 4-5 tahun di TK Negeri Melati, (2) untuk menganalisis peran orangtua terhadap motivasi belajar anak usia 4-5 tahun di TK Negeri Melati, dan untuk mengidentifikasi hambatan-hambatan yang dialami orangtua dalam memotivasi belajar anak usia 4-5 tahun di TK Negeri Melati Labuhan Bakti Simeulue. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif. Subjek penelitian orantua anak usia 4-5 tahun di TK Negeri Melati berjumlah 11 orang. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan model Miles dan Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Motivasi belajar usia 4-5 tahun di TK Negeri Melati sebanyak 81,82% anak termasuk dalam ketagori sangat baik dan sebanyak 18,18% termasuk dalam kategori kurang baik. (2) Peran orangtua terhadap motivasi belajar anak usia 4-5 tahun di TK Negeri Melati meliputi orangtua sebagai panutan (role model), sebagai pembimbing dengan membantu menyelesaikan kesulitan anak. Selain itu orang tua juga sebagai motivator dengan memberikan dorongan kepada anak tentang pentingnya belajar, serta orang tua menjadi fasilitator berupa menyediakan berbagai fasilitas yang mendukung. (3) Hambatan yang dialami orangtua dalam memotivasi belajar anak usia 4-5 tahun di TK Negeri Melati diantaranya kurangnya minat anak, kurangnya fasilitas, kurangnya pemahaman orangtua tentang pelajaran dan pengaruh lingkungan bermain anak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peran orangtua, motivasi belajar, anak usia 4-5 tahun
Subjects: Ilmu Sosial (300-399) > 370 Pendidikan > 372 PG PAUD
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Unnamed user with email eprints@bbg.ac.id
Date Deposited: 22 Aug 2024 07:50
Last Modified: 22 Aug 2024 07:50
URI: https://eprints.bbg.ac.id/id/eprint/151

Actions (login required)

View Item
View Item