PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI KEGIATAN MOZAIK PADA KELOMPOK B TK IT PERMATA SUNNAH BANDA ACEH

Najla Syafirah, NIM: 1411070053 (2019) PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI KEGIATAN MOZAIK PADA KELOMPOK B TK IT PERMATA SUNNAH BANDA ACEH. Skripsi thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena.

[thumbnail of Najla Syafirah BAB I-V.pdf] Text
Najla Syafirah BAB I-V.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Mozaik Pada Kelompok B Zubair Bin Awwam di TK IT Permata Sunnah Banda Aceh. Rumusan masalah dalam penelitian ini Bagaimana meningkatkan motorik halus anak melalui kegiatan mozaik pada anak kelompok B Zubair Bin Awwam di TK IT Permata Sunnah Banda Aceh. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Mozaik Pada Kelompok B Zubair Bin Awwam di TK IT Permata Sunnah Banda Aceh. Adapun yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah kelompok B Zubair Bin Awwam sebanyak 20 murid yang terdiri dari 10 laki-laki dan 10 perempuan tahun pelajaran 2018-2019. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang meliputi 2 siklus. Tiap-tiap siklus dilakukan secara bertahap yang terdiri atas 4 tahap, yaitu (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) pengamatan, (4) refleksi. Instrumen digunakan berupa lembaran observasi. Data di analisis menggunakan rumus statistik sederhana.Pada observasi awal (prasiklus)39,00% (7 anak) yang masih memperoleh nilai belum muncul (BM), 57,00% (11 anak) yang masih memperoleh nilai mulai muncul (MM), 4,00% (2 anak) yang masih memperoleh nilai berkembang sesuai harapan (BSH) dan 0% anak masih belum memperoleh nilai sangat baik (BSB).Hasil observasi siklus I menunjukkan pada kategori belum muncul (BM) 0% (tidak ada), kategori mulai muncul (MM) 56,00% (11 anak), kategori berkembang sesuai harapan (BSH) 39,00% (8 anak), kategori berkembang sangat baik (BSB) 5,00% (1 anak). Sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan yang cukup signifikan dimana hasil siklus II 0% anak yang tidak ada lagi memperoleh nilai belum muncul (BM), dan 0% anak yang tidak ada lagi memperoleh nilai mulai muncul (MM), dan47,00% (9 anak) yang memperoleh nilai berkembang sesuai harapan (BSH), dan 53,00% (11 anak) yang memperoleh nilai berkembang sangat baik (BSB). Maka hasil akhir pada siklus II adalah 100% (20 anak) yang sudah memahami pembelajaran melalui Mozaik. Maka berakhirlah penelitian ini sampai dengan siklus II dan tidak perlu lagi menggunakan siklus berikutnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Motorik Halus Pada Anak Melalui Kegiatan Mozaik
Subjects: Ilmu Sosial (300-399) > 370 Pendidikan > 372 PG PAUD
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Unnamed user with email eprints@bbg.ac.id
Date Deposited: 22 Aug 2024 07:55
Last Modified: 22 Aug 2024 07:55
URI: https://eprints.bbg.ac.id/id/eprint/152

Actions (login required)

View Item
View Item