PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS DISCOVERY LEARNING MATERI KEWAJIBAN DAN HAKKU UNTUK KELAS III SDN PAYA BUMBUNG

Sarina, NIM: 1911080021 (2023) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS DISCOVERY LEARNING MATERI KEWAJIBAN DAN HAKKU UNTUK KELAS III SDN PAYA BUMBUNG. Skripsi thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena.

[thumbnail of Sarina BAB I-V.pdf] Text
Sarina BAB I-V.pdf

Download (4MB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan peneliti di SDN Paya Bumbung, bahwa LKPD yang digunakan selama ini belum mengaktifkan peserta didik dalam pembelajaran karena LKPD yang digunakan hanya berdasarkan pada teks materi dan soal-soal. Berdasarkan permasalahan tersebut peneliti tertarik untuk mengembangkan LKPD berbasis discovery learning. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk menghasilkan LKPD berbasis discovery learning pada materi Kewajiban dan Hakku untuk Kelas III SDN Paya Bumbung yang sesuai dengan kebutuhan siswa dan guru. (2) Untuk mengetahui kelayakan LKPD berbasis discovery learning pada materi Kewajiban dan Hakku untuk Kelas III SDN Paya Bumbung. (3) Untuk mengetahui ketuntasan belajar siswa setelah menggunakan LKPD berbasis discovery learning pada materi Kewajiban dan Hakku pada kelas III SDN Paya Bumbung. Penelitian ini mengacu pada model pengembangan 4D (Four D) yang meliputi 4 tahap utama yaitu Pendefinisian (Define), Perancangan (Design), Pengembangan (Develop) dan Penyebaran (Disseminate) yang kemudian dimodifikasi tanpa melakukan tahapan Penyebaran (Disseminate). Instrumen penelitian berupa lembar validasi ahli desain dan ahli materi, lembar respon peserta didik, dan butir-butir tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: kevalidan LKPD berbasis discovery learning berdasarkan dari penilaian ahli desain memperoleh nilai rata-rata 4 dengan kriteria “valid” dan penilaian ahli materi memperoleh nilai rata-rata 4,8 dengan kriteria “sangat valid”. Kelayakan LKPD berbasis Discovery Learning berdasarkan dari respon peserta didik secara keseluruhan memperoleh nilai sebesar 92,31 yang berada pada kriteria sangat menarik, Ketuntasan belajar siswa diperoleh dari hasil butir-butir tes secara keseluruhan yaitu 87,5% yang berada pada kriteria sangat baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, LKPD berbasis Diccovery Learning, Materi Kewajiban dan Hakku.
Subjects: Ilmu Sosial (300-399) > 370 Pendidikan > 372.2 PGSD
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with email eprints@bbg.ac.id
Date Deposited: 23 Aug 2024 07:39
Last Modified: 23 Aug 2024 07:39
URI: https://eprints.bbg.ac.id/id/eprint/158

Actions (login required)

View Item
View Item