EFEKTIVITAS KEGIATAN GERAK DAN LAGU TERHADAP PERKEMBANGAN MOTORIK KASAR ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK NEGERI 5 TIBANG BANDA ACEH

Lilis Karlina, NIM: 1811070035 (2023) EFEKTIVITAS KEGIATAN GERAK DAN LAGU TERHADAP PERKEMBANGAN MOTORIK KASAR ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK NEGERI 5 TIBANG BANDA ACEH. Skripsi thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena.

[thumbnail of Lilis Karlina BAB I-V.pdf] Text
Lilis Karlina BAB I-V.pdf

Download (3MB)

Abstract

Gerak dan lagu merupakan ekpresi anak saat senang, marah dan takut dipadukan dengan lagu atau nyanyian sehingga anak dapat meluapkan ekspresinya dan membebaskan diri dari ketegangan melalui gerakan yang diiringi oleh lagu. perkembangan motorik kasar anak kelompok B3 masih dalam kategori belum berkembang sesuai harapan. Hal ini terlihat dari 16 anak, ditemukan 11 anak (68,75%) kurang aktif menirukan berbagai gerakan yang dicontohkan guru saat pembelajaran, kegiatan pembelajaran yang diberikan masih menoton sehingga anak– anak cepat merasa bosan, dan terlihat kurang bersemangat. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah kegiatan gerak dan lagu efektif terhadap perkembangan motorik kasar anak usia 5-6 tahun di TK Negeri 5 Tibang Banda Aceh?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas kegiatan gerak dan lagu terhadap perkembangan motorik kasar anak usia 5-6 tahun di TK Negeri 5 Tibang Banda Aceh.. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan rancangan one-group pre-test-post-test design. Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari hasil pengamatan anak. Teknik Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah pretest dan post-test. Hasil penelitian yang peneliti lakukan ditemukan bahwa pembelajaran anak usia dini dengan menggunakan kegiatan gerak dan lagu efektif untuk meningkatkan perkembangan motorik kasar anak kelompok B TK Negeri 5 Tibang Banda Aceh. Dengan adanya kegiatan gerak dan lagu, guru dapat menyediakan kesempatan bagi anak untuk berekpresi dalam menggerakkan anggota tubuhnya melalui bernyanyi bersama lagu. Kegiatan gerak dan lagu terintegrasi dengan musik dan gerakan (dance) memfasilitasi anak dengan gaya belajar yang berbeda (visual, auditory dan kinestetik) dan dapat meningkatkan perkembangan fisik motorik kasar. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan kegiatan gerak dan lagu efektif untuk meningkatkan perkembangan motorik kasar anak kelompok B TK Negeri 5 Tibang Banda Aceh. Sehingga diharapkan agar guru dapat menerapkan kegiatan gerak dan dalam meningkatkan perkembangan motorik kasar anak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Gerak dan lagu, Motorik kasar.
Subjects: Ilmu Sosial (300-399) > 370 Pendidikan > 372 PG PAUD
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Unnamed user with email eprints@bbg.ac.id
Date Deposited: 23 Aug 2024 08:05
Last Modified: 23 Aug 2024 08:05
URI: https://eprints.bbg.ac.id/id/eprint/163

Actions (login required)

View Item
View Item