PENERAPAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Rahmah Ramadhani, NIM: 1911080040 (2023) PENERAPAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Skripsi thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena.

[thumbnail of Rahma Ramadhani BAB I-V.pdf] Text
Rahma Ramadhani BAB I-V.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian Deskriptif Kualitatif, pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini mengambil 2 (dua) responden yang terdiri dari kepala sekolah dan guru maatematika kelas IV SDN Tawar Sedenge. Kegiatan pembelajaran di sekolah merupakan kegiatan utama dalam peningkatan kualitas Pendidikan nasional. Pendidikan memilki peran yang sangat penting terhadap terwujudnya bangsa yang maju dan bermartabat, permasalahan yang terdapat pada kondisi saat ini dimana Pendidikan di Indonesia belum mampu memberikan kesempatan yang sama bagi semua siswa untuk berkembang sesuai dengan potensi masing-masing termasuk pada pelajaran matematika. Pembelajaran berdiferensiasi sangat penting untuk dilakukan dalam pelajaran matematika, karena matematika merupakan mata pelajaran yang memiliki karakteristik yang kompleks dan abstrak. Pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Pembelajaran berdiferensiasi dapat mengatasi masalah tersebut dengan memberikan pengalaman belajar yang sesuai dengan kebutuhan siswa. Berdasarkan hasil penelitian pada SDN Tawar Sedenge pembelajaran berdiferensiasi untuk pelajaran matematika diterapkan dengan langkah-langkah dimana guru memetakan kebutuhaan belajar, meranncang pembelajaran sesuai pemetaan dan mengevaluasi serta merefleksikan pembelajaran yang sudah berlangsung, kurikulum yang digunakan adalah kurikulum merdeka dimana guru dan sekolah memberikan layanan optimal pada siswa, sehingga penerapan pembelajaran berdiferensiasi di SDN Tawar Sedenge sudah baik, khususnya untuk pelajaran matematika.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Diferensiasi, implementasi, kurikulum, Matematika
Subjects: Ilmu Sosial (300-399) > 370 Pendidikan > 372.2 PGSD
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with email eprints@bbg.ac.id
Date Deposited: 23 Aug 2024 08:11
Last Modified: 23 Aug 2024 08:11
URI: https://eprints.bbg.ac.id/id/eprint/164

Actions (login required)

View Item
View Item