MENINGKATKAN KEDISIPLIN BELAJAR SISWA KELAS II DI SD NEGERI2 C0T KEUENG ACEH BESAR

Anisah, NIM: 1811080018 (2024) MENINGKATKAN KEDISIPLIN BELAJAR SISWA KELAS II DI SD NEGERI2 C0T KEUENG ACEH BESAR. Skripsi thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena.

[thumbnail of Anisah BAB I-V.pdf] Text
Anisah BAB I-V.pdf

Download (1MB)

Abstract

Peningkatan Kedisiplinan dan Prestasi Belajar Menggunakan Pendekatan Kontekstual Pada Mata Pelajaran PKN Untuk Siswa Kelas II SDN Kledokan. Skripsi. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar SD Negeri COt keueng. Disiplin belajar adalah suatu sikap, tingkah laku dan perbuatan siswa untuk melakukan aktivitas belajar yang sesuai dengan keputusan-keputusan, baik persetujuan tertulis maupun tidak tertulis antara siswa dengan guru disekolah maupun dengan orang tua dirumah untuk mendapatkan penguasaan, pengetahuan, kecekapan, dan kebijak sanaan (banny, 2011:8).Kedisiplinan belajar adalah salah satu cara untuk membantu peserta didik agar dapat mengembangkan pengendalian diri mereka selama proses belajar mengajar hingga membantu percepatan tujuan pendidikan yang telah diamanatkan dalam undang-undang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Peneliti memilih SD Negeri Cot Keu Eung kabupaten Aceh Besar Provinsi Aceh sebagai tempat penelitian dengan menggunakan observasi, wawancara dan telaah dokumentasi.
Kedisiplinan Di Sekolah Dasar dapat dihasilkan meningkatkan disiplin di dalam sekolah.dengan wawancara guru dapat memahami siswa di dalam kelas untuk. Hasilbelajar siswa siklus I dapa di dalam kelas. hasil siklus II adalah guru dapat belajar disiplin di dalam kelas baik.hasil wawancara guru dapa dengan kebaikkan. Aktivitas siswa dalam mengajar siklus I berjumlah sendikinpun kurah belajar di dalam kelas kurang sedangkan pada siklus II berjumlah kedisiplinan siswa baik. Hasil penelitian meningkakan kendisiplinan belajar di dalam kelas II SD Nering Cot Keueng Aceh Besar Kota Banda Aceh belajar disiplin siswa. menurun agustiani dapat dihasilkan siswa kurang dalam penelitian di kelas. Dapah untuk belajar dengan baik oleh karena itu siswa meningkatkan kedisiplinan di dalam kelas dapat belajar dengan baik. Sikluk I dapat meningkatkan kedisiplinan belajar siswa di sekolah. Sikluk II tidak dapat belajar dengan baik siswa memiliki kedisiplinan di kelas siswa setelah dilakukan penelitian 2 siklus 1 yaitu dengan menjunakan metode dril dapat belajar disiplin peneliti dimiliki manfaat pada siswa belajar disiplin di kelas dengan baik.
Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang artinya penelitian dengan cara terjun langsung untuk meningkatkan disiplin belajar siswa kelas di SD Negeri Cot Keueng Aceh Besar agar mendapatkan sikap siswa meningkatkan disiplin Jenis kualitatif menjadi metode yang dipakai peneliti dalam melakukan penelitian ini. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan. Sebuah penelitian yang pengumpulan datanya dilakukan di lapangan objek yang diteliti.hasil penelitian pada siswa kelas II Sd Negeri Cot Keueng Kecamatan Kuta Baro Aceh Besar bahwasanya masih ada siswa keluar masuk dengan bermain di ruang kelas di ruang kelas saat waktu pelajaran di rasanakan bangang siswa tidak disiplin dalam masuk kelas dan masih bangan siswa buah sampah sbarangan, di karenahkan terabag masuk di kelas. Oleh senyum itu bawasamgan siswa dapat Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas II SD Negeri Cot Keu Eung Kecamatan Kuta Baro Aceh Besar dapat berubah dengan di saat di kelas. di sekolah kutip sampah di saat telabah masuk kelas pada 17 juli 2023 dapat dideskripsikan sebagai berikut. Refleksi Siklus II Peneliti menganalisis hasil tindakan pada siklus yang kedua berdasarkan pelaksanaan pembelajaran di kelas.
Hal-hal yang direfleksikan meliputi hambatan- hambatan dan kesulitan yang dialami pada saat melaksanakan pembelajaran, melakukan perbandingan skor antara kondisi awal dan kondisi akhir, membandingkan hasil yang telah dicapai pada siklus II dengan indikator keberhasilan. Menilai apakah pada siklus II kedisiplinan dan prestasi belajar siswa sudah mencapai indikator keberhasilan atau belum. Jika sudah mencapai target sesuai indikator pembelajaran dan terjadi peningkatan dari siklus I maka pembelajaran di siklus II dihentikan dan kemudian diambil kesimpulan tentang peningkatan kedisiplinan dan prestasi belajar disiplin siswa menggunakan pendekatan kontekstual. Meskipun demikian, bila belum mencapai target sesuai indikator pembelajaran, maka penelitian dapat dilanjutkan dalam siklus berikutnya. Apabila dalam hasil penelitian ini masih dirasa perlu perbaikan, bisa menjadi masukan bagi penelitian yang selanjutny.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kedisiplinan, Belajar Siswa
Subjects: Ilmu Sosial (300-399) > 370 Pendidikan > 372.2 PGSD
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with email eprints@bbg.ac.id
Date Deposited: 03 Sep 2024 04:52
Last Modified: 03 Sep 2024 04:52
URI: https://eprints.bbg.ac.id/id/eprint/168

Actions (login required)

View Item
View Item