Meurah Intan, NIM: 1911010002 (2024) ANALISIS HASIL BELAJAR PADA MATERI TEKS PUISI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK SISWA KELAS XI SMANEGERI 1 PANGA. Skripsi thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena.
![[thumbnail of Meurah Intan BAB I-V.pdf]](https://eprints.bbg.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Meurah Intan BAB I-V.pdf
Download (3MB)
Abstract
Peningkatan hasil belajar merujuk pada proses dan upaya untuk meningkatkan prestasi atau pencapaian siswa dalam memeroleh pengetahuan. Peningkatan hasil belajar juga dapat dicapai melalaui berbagai strategi dan metode pembelajaran yang efektif. Salah satu bidang yang sering kali menantang bagi siswa adalah pemahaman dan apresiasi terhadap puisi. Puisi menjadi salah satu materi yang di ajarkan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Kurangnya motivasi siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia khususnya teks puisi menjadi masalah terhadap hasil belajar siswa. Siswa sering kali menghadapi kesulitan dalam memahami dan menginterprestasikan teks puisi dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada materi teks puisi melalui model pembelajaran problem based learning untuk siswa kelas XI SMA Negeri 1 Panga. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan metode deskriptif dangan subjek penelitian siswa kelas XI SMA Negeri 1 Panga yang berjumlah 32 siswa. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data penelitian adalah observasi, tes dan dokumentasi. Penelitian ini sesuai dengan prosedur penelitian yang dilakukan pada sebuah proses siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Berdasarkan data yang terkumpul dari hasil belajar siswa pada materi teks puisi dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Panga dinyatakan meningkat. Hal ini ditunjukkan dengan peningkatan rata-rata keberhasilan siswa yang telah mencapai kriteria ketuntasan minimal yaitu 75. Pada hasil siklus I banyak siswa yang kurang memahami dan kurang memperhatikan Pelajaran selama proses belajar mengajar berlangsung sehingga mendapatkan nilai rata-rata 63% dari kriteria ketuntasan minimal. Pada siklus II diterapkan penggunaan model problem based learning berbantuan media sosial YouTube, membuat siswa lebih termotivasi dan fokus selama proses pembelajaran berlangsung sehingga mendapati nilai rata-rata 93%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model problem based learning dapat menjadi alternatif model pembelajaran yang baik dalam proses pembelajaran khususnya materi teks puisi di SMA Negeri 1 Panga.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Problem Based Learning, Teks Puisi, SMA Negeri 1 Panga |
Subjects: | Bahasa (400-490) > 410 Bahasa Indonesia |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Unnamed user with email eprints@bbg.ac.id |
Date Deposited: | 08 Oct 2024 07:24 |
Last Modified: | 08 Oct 2024 07:24 |
URI: | https://eprints.bbg.ac.id/id/eprint/172 |