METODE CERITA BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN LITERASI BERBASIS AKM PELAJARAN PKN DI KELAS IV SEKOLAH DASAR

Saiful Rijal, NIM: 1911080046 (2024) METODE CERITA BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN LITERASI BERBASIS AKM PELAJARAN PKN DI KELAS IV SEKOLAH DASAR. Skripsi thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena.

[thumbnail of Saiful Rijal BAB I-V.pdf] Text
Saiful Rijal BAB I-V.pdf

Download (2MB)

Abstract

Metode yang dapat digunakan dalam pembelajaran memiliki beragam jenis dan bentuk. Salah satunya ialah metode berbasis cerita bergambar. Gambar menurut Lukens akan membuat anak mudah dalam menangkap isi atau materi dalam satu kali melihat, berbeda dengan bentuk tulisan yang dipahami oleh anak lebih sulit (Ratnasari, 2019: 270). Hal ini sejalan dengan pendapat Nurgiyantoro (2005: 152) bahwa buku cerita bergambar adalah buku bacaan cerita yang menampilkan teks cerita secara verbal dan disertai gambar-gambar yang direpresentasikan. Tujuan dari Metode ini ialah untuk mengetahui apakah metode cerita bergambar dapat meningkatkan literasi berbasis AKM pada pelajaran PKN kelas IV Sekolah Dasar’’. Penelitian ini merupakan penelitian experimen dengan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-eksperimen design (eksperimental lemah), sedangkan bentuk dari desainnya adalah “one group pretest-posttest design” yaitu penelitian hanya menggunakan satu kelas eksperimen saja tanpa adanya kelas pembanding atau kelas kontrol. Adapun tahapan-tahapan yang dilakukan oleh peneliti adalah : 1). Tahap awal (pre-test), 2). Perlakuan (treatment), 3). Tahap akhir (post-test ). Kegiatan penelitian ini dilakukan di SD Negeri 23 Kota Banda Aceh kelas IV dengan jumlah siswa 37 orang. Hasil penelitian ini dapat dilihat berdasarkan pengujian hipotesis dengan derajad kebebasan ( dk= n -1 = 37-1=36 ) dan nilai signifikan adalah α = 0.05 Untuk perhitungan ini ttabel adalah 1,68 berdasarkan yang telah di tetapkan oleh aturan penerimaan hipotesis, jika thitung > ttabel maka Ha dari perhitungan di atas bahwa thitung (23,87 > 1,68). Pernyataan menunjukan bahwa Ha terima dan juga dilohat dari angket respon peserta didik yang memenuhi kategori baik Dengan demikian dapatlah ditarik kesimpulan bahwa adanya peningkatkan literasi berbasis AKM pada pelajaran PKN kelas IV Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Cerita Bergambar, Literasi
Subjects: Ilmu Sosial (300-399) > 370 Pendidikan > 372.2 PGSD
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with email eprints@bbg.ac.id
Date Deposited: 08 Oct 2024 07:39
Last Modified: 08 Oct 2024 07:39
URI: https://eprints.bbg.ac.id/id/eprint/174

Actions (login required)

View Item
View Item