Nurzaton Jannah, NIM: 1811080017 (2024) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATERI KERAGAMAN BUDAYA KELAS V DI SD NEGERI 54 BANDA ACEH. Skripsi thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena.
![[thumbnail of Nurzaton Jannah BAB I-V.pdf]](https://eprints.bbg.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Nurzaton Jannah BAB I-V.pdf
Download (2MB)
Abstract
Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) merupakan panduan peserta didik yang digunakan untuk melakukan pengembangan aspek kognitif maupun panduan untuk pengembangan semua aspek pembelajaran dalam bentuk panduan kegiatan penyelidikan atau pemecahan masalah sesuai indicator pencapaian hasil belajar yang harus dicapai. Jenis Penelitian ini merupkan jenis penelitian pengembangan (research and devolopment (R&D). Pendekatan penelitian yang dilakukan adalah pengembangan model ADDIE. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan dan efektifitas hasil belajar dengan menggunakan pengembangan LKPD berbasis Constekstual Teaching And Learning (CTL) pada materi keragaman budaya kelas V di SD Negeri 54 Banda Aceh. Berdasarkan hasil penelitian pada kelayakan media dimana pada hasil validasi materi diperoleh persentase penilaian dengan skor 90% dengan kriteria “Sangat Valid”, pada validasi bahasa diperoleh persentase penilaian dengan skor 75% dengan kriteria “Valid”, dan hasil validasi Desain bahwa diperoleh persentase penilaian dengan skor 95,83% dengan kriteria “Sangat Valid”. Pada kepratisan media media LKPD berbasis Constekstual Teaching And Learning (CTL) pada materi keragaman budaya dari hasil angket respon guru kelas V persentase 96% dengan kriteria “Sangat Praktis”. Sedangkan pada hasil belajar siswa diperoleh nilai tertinggi sebesar 100 dan nilai terrendah sebear 76 dengan rata – rata 82,44. Sedangkan pada hasil angket siswa persentase 100% dengan kriteria “Sangat Menarik” Hal ini bahwa penggunaan media LKPD berbasis Constekstual Teaching And Learning (CTL) pada materi keragaman budaya sangat efektif digunakan dalam meningkatkan hasil belajar siswa Kelas V SDN 54 Banda Aceh.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media LKPD, Model CTL, Hasil Belajar |
Subjects: | Ilmu Sosial (300-399) > 370 Pendidikan > 372.2 PGSD |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email eprints@bbg.ac.id |
Date Deposited: | 08 Oct 2024 07:50 |
Last Modified: | 08 Oct 2024 07:50 |
URI: | https://eprints.bbg.ac.id/id/eprint/176 |