Husnul Jannah, NIM: 1811080021 (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KETERAMPILAN INTELEKTUAL SISWA PADA MATERI MANUSIA DAN LINGKUNGAN DI KELAS V SDN LAMBARO ANGAN. Skripsi thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena.
![[thumbnail of Husnul Jannah BAB I-V.pdf]](https://eprints.bbg.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Husnul Jannah BAB I-V.pdf
Download (1MB)
Abstract
Berdasarkan observasi dan kebutuhan peneliti yang dilakukan di SDN Lambaro Angan bahwa pembelajaran kurang mengembangkan keterampilan intelektual siswa seperti kemampuan siswa dalam menganalisis serta merespon terhadap berbagai persoalan yang menyangkut dalam materi manusia dan lingkungan. Oleh karena itu, salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk mengetahui keterampilan intelektual siswa, sehingga peneliti berinisiatif untuk melakukan penelitian Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Keterampilan Intelektual Siswa Pada Materi Manusia Dan Lingkungan Di Kelas V SDN Lambaro Angan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran problem based learning (PBL) terhadap keterampilan intelektual siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pra-eksperimental (non desain) one group pretest-posttest desain (satu kelompok) yaitu kelas V SDN Lambaro Angan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: keterampilan intelektual siswa kelas V SDN Lambaro Angan setelah diperoleh t Hitung = 148,57 dan t Tabel = 2,145 maka diperoleh t Hitung > t Tabel atau 148,57 > 2,145. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model problem based learning memiliki pengaruh terhadap keterampilan intelektual siswa pada materi manusia dan lingkungan siswa kelas V SDN Lambaro Angan. Berdasarkan data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa secara umum model problem based learning berpengaruh terhadap keterampilan intelektual siswa kelas V SDN Lambaro Angan dapat dilihat dari perolehan persentase yaitu sangat tinggi 19,98%, tinggi 59,94%, sedang 19,98%, rendah 0%, dan sangat rendah berada pada presentase 0%.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PBL, Keterampilan Intelektual |
Subjects: | Ilmu Sosial (300-399) > 370 Pendidikan > 372.2 PGSD |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email eprints@bbg.ac.id |
Date Deposited: | 08 Oct 2024 09:27 |
Last Modified: | 08 Oct 2024 09:27 |
URI: | https://eprints.bbg.ac.id/id/eprint/181 |