Mulyani, NIM: 20080016 (2024) IMPEMENTASI MEDIA UAR TANGGA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPAS MATERI NORMA SOSIAL KELAS IV SDN 2 BANDA ACEH. Skripsi thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena.
![[thumbnail of Mulyani BAB I-V.pdf]](https://eprints.bbg.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Mulyani BAB I-V.pdf
Download (1MB)
Abstract
Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan dikelas IVC SDN 2 Banda Aceh, media yang sering digunakan oleh guru adalah media gambar, video animasi dan buku siswa, hal tersebut mengakibatkan siswa tidak antusias dalam belajar, tidak
aktif, dan tampak cenderung terlihat bosan dalam mengikuti pelajaran, sehingga mempengaruhi prestasi dan hasil belajar siswa kedepannya. Rumusan masalah penelitian ini ialah apakah implementasi media ular tangga dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV SDN 2 Banda Aceh pada pelajaran IPAS materi norma sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi media ular tangga dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV SDN 2 Banda Aceh pada pelajaran IPAS materi norma sosial. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen serta desain penelitian one group pretes dan post test. Pengujian Hipotesis dilakukan dengan Uji-t berpasangan.Hasil Uji-t menunjukkan bahwa hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima, yang menandakan adanya perbedaan signifikan dalam hasil belajar siswa sebelum dan sesudah penerapan media ular tangga.Dengan hasil temuan tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan media ular tangga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Adanya media ular tangga
dapat dimanfaatkan serta dipergunakan untuk proses belajar mengajar di kelas.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media, ular tangga, hasil belajar |
Subjects: | Ilmu Sosial (300-399) > 370 Pendidikan > 372.2 PGSD |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email eprints@bbg.ac.id |
Date Deposited: | 09 Oct 2024 02:28 |
Last Modified: | 09 Oct 2024 02:32 |
URI: | https://eprints.bbg.ac.id/id/eprint/185 |