PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL)DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI OPERASI HITUNG PERKALIAN DAN PEMBAGIAN KELAS II SDN 57 BANDA ACEH

Cut Ladia Bintania Natari, NIM: 1711080023 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL)DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI OPERASI HITUNG PERKALIAN DAN PEMBAGIAN KELAS II SDN 57 BANDA ACEH. Skripsi thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena.

[thumbnail of Cut Ladia Bintania Natari BAB I-V.pdf] Text
Cut Ladia Bintania Natari BAB I-V.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memperoleh pengetahuan baru mengenai sintaks PBL serta bagaimana pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL)
berkontribusi dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi operasi hitung perkalian dan pembagian. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 57
kota Banda Aceh sebanyak 36 siswa masing-masing terdiri dari 21 Siswa laki-laki dan 15 Siswa Perempuan. Instrumen Penelitian yang digunakan 20 butir soal pilihan ganda Pretest dan Posttest untuk mengukur sejauhmana hasil prestasi belajar matematika perkalian dan pembagian siswa kelas II SD Negeri 57 Kota Banda Aceh. Sehingga, penelitian ini dilakukan sebnayak 2 kali sebelum dan sesudah diberikan perlakuan/treatment. Model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) adalah salah satu metode pembelajaran yang sangat cocok serta menarik digunakan sebgai alat pendukung pembelajaran matematika, Berdasarkan hasil analisis statistik kuantitatif uji hipotesis t, diperoleh bahwasanya terdapat adanya pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan prestasi belajar matematika siswa pada mata pelajaran matematika materi operasi hitung perkalian dan pembagian kelas II SD Negeri 57 Kota Banda Aceh. Dengan menggunakan jenis penelitian eksperimen Pre-exmental (non design) tipe rancangan (One group Pretest-Posttest) yaitu hanya memiliki satu kelompok saja yang diberikan perlakuan maupun treatment tanpa adanya kelompok kontrol dari kelompok eksperimen tersebut. Kelas eksperimen menggunakan serta menerapkan perlakuan/treatment model pembelajaran (PBL), Adapun untuk kelas eksperimen hasil siswa memiliki rata-rata skor pretest 45,67 dan skor pretest 56,9.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Problem Based Lerning (PBL) Prestasi Belajar siswa, Matematika.
Subjects: Ilmu Sosial (300-399) > 370 Pendidikan > 372.2 PGSD
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with email eprints@bbg.ac.id
Date Deposited: 09 Oct 2024 02:48
Last Modified: 09 Oct 2024 02:48
URI: https://eprints.bbg.ac.id/id/eprint/187

Actions (login required)

View Item
View Item