Lisa Faida Royana, NIM: 1611010019 (2021) ANALISIS PROSES PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI TEKS DRAMA PADA SISWA KELAS XI MIPA 6 SMA NEGERI 2 BANDA ACEH TAHUN AJARAN 2019/2020. Skripsi thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena.
![[thumbnail of Lisa Faida Royana BAB I-V.pdf]](https://eprints.bbg.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Lisa Faida Royana BAB I-V.pdf
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang membahas tentang; bagaimana pelaksanaan proses pembelajaran (khususnya pembelajaran daring) yang dilakukan oleh guru pada siswa kelas XI MIPA 6 terkait materi teks drama KD 3.19 dan KD 4.19, serta apa saja hambatan yang dialami oleh guru saat pelaksanaan proses pembelajaran (khususnya pembelajaran daring) berlangsung. Kompetensi dasar yang diterapkan dalam pembelajaran ini salah satunya KD 3.19 (Menganalisis isi dan kebahasaan drama yang dibaca atau ditonton), dan KD 4.19 (Mendemontrasikan sebuah naskah drama dengan memperlihatkan isi dan kebahasaan). Untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru serta hambatan apa saja yang dialami oleh guru dalam proses pembelajaran daring materi teks drama KD 3.19 dan KD 4.19 pada siswa kelas XI MIPA 6 SMA Negeri 2 Banda Aceh dilalukanlah wawancara terhadap Subjek yaitu guru Bahasa Indonesia di sekolah tersebut. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru bahasa Indonesia pada materi teks drama pada siswa kelas XI Mipa 6 SMA Negeri 2 Banda Aceh masih belum efektif dilakukan. Hal ini terjadi karena proses pembelajaran daring yang dilakukan oleh sekolah merupakan proses pembelajaran yang baru diterapkan di SMA Negeri 2 pada saat itu. Ketidakefektifan proses pembelajaran daring ini dapat dilihat dari hasil observasi awal yang menunjukkan nilai belajar siswa yang menurun dan tidak mencapai nilai KKM (70), nilai yang diperoleh siswa rata-rata adalah 65. Adapun kendala yang dialami oleh guru meliputi; 1) Kendala dalam penyampaian materi ajar, 2) Kurangnya media pembelajaran yang mendukung proses pembelajaran daring, 3) Kendala dalam hal pemberian tugas kepada siswa, dan 4) Kendala dalam hal penilaian
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Analisis pelaksanaan proses pembelajaran, hambatan yang dialami, dan materi teks drama |
Subjects: | Bahasa (400-490) > 410 Bahasa Indonesia |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Unnamed user with email eprints@bbg.ac.id |
Date Deposited: | 09 Oct 2024 03:18 |
Last Modified: | 09 Oct 2024 03:18 |
URI: | https://eprints.bbg.ac.id/id/eprint/192 |