Liya Andriayani, NIM: 1911070016 (2024) PENGEMBANGAN MEDIA POHON ANGKA UNTUK MENSTIMULASI KEMAMPUAN MENGENAL ANGKA PADA ANAK KELOMPOK B DI TK NURUL HUDA KAB. ACEH SELATAN. Skripsi thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena.
![[thumbnail of Lia Andriyani BAB I-V.pdf]](https://eprints.bbg.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Lia Andriyani BAB I-V.pdf
Download (1MB)
Abstract
Adapun yang melatar belakangi penelitian ini karena masih banyak anak pada TK Nurul Huda yang aspek kognitif masih belum sesuai dengan tahapan perkembangannya, khususnya kemampuan mengenal angka, anak kesulitan dalam mengenal angka 1-10. Anak hanya mampu menghafal atau membilang tanpa memahami maknanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Hasil uji kelayakan media pembelajaran media pohon angka pada anak kelompok B TK Nurul Huda Aceh Selatan; 2) Respon siswa terhadap media pohon angka pada anak kelompok B TK Nurul Huda Aceh Selatan dan 3) Pengembangan media pohon angka dapat menstimulasi kemampuan mengenal angka pada anak kelompok B TK Nurul Huda Aceh Selatan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau dalam bahasa inggrisnya di sebut Research and Develovment ( R & D). Prosedur dalam penelitian ini yaitu di sesuaikan dengan model ADDIE yang berisi 5 tahap yaitu: Analisys (analisa), design (rancangan), development (pengembangan), implementation (implementasi), dan evalution (evaluasi). Subjek penelitian ini adalah 20 anak kelompok B di TK Nurul huda Durian kawan Kab.Aceh Selatan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar validasi, lembar angket dan lembar observasi. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) Berdasarkan hasil uji kelayakan yang dilakukan oleh tiga validator ahli media diperoleh hasil jika media yang telah dikembangkan sangat layak untuk digunakan; 2) Respon anak terhadap media pohon angka pengenalan angka memperoleh rata-rata persentase sebesar sebesar 90,1% dengan kategori sangat positif dan 3) Hasil pengujian hipotesis didapatkan bahwa nilai (sig.2-tailed) dengan uji-t adalah 0,00. Uji yang dilakukan adalah uji pihak kanan, karena 0,00 < 0,05 maka berdasarkan kriteria pengambilan keputusannya, ditolak dan diterima. Jadi, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pengembangan media pohon angka efektif dalam menstimulasi kemampuan mengenal angka pada anak kelompok B TK Nurul Huda Aceh Selatan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan Media Pohon Angka, Kemampuan Mengenal Angka |
Subjects: | Ilmu Sosial (300-399) > 370 Pendidikan > 372 PG PAUD |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Unnamed user with email eprints@bbg.ac.id |
Date Deposited: | 09 Oct 2024 04:27 |
Last Modified: | 09 Oct 2024 04:27 |
URI: | https://eprints.bbg.ac.id/id/eprint/196 |