Ulfah Maulidar, NIM: 1911080090 (2024) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA MATERI EKOSISTEM PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 2 INDRAPURI ACEH BESAR. Skripsi thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena.
![[thumbnail of Ulfa Maulida BAB I-V.pdf]](https://eprints.bbg.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Ulfa Maulida BAB I-V.pdf
Download (1MB)
Abstract
PBL adalah suatu model masalah pembelajaran yang melibatkan siswa untuk memecahkan suatu masalah melalui tahap-tahap metode ilmiah sehingga siswa dapat mempelajari pengetahuan yang berhubungan dengan masalah tersebut dan sekaligus memiliki keterampilan untuk memecahkan masalah. Rumusan masalah adalah 1. bagaimana penggunaan model problem based learning (PBL) dalam meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas V SD Negeri 2 Indrapuri pada Pembelajaran IPA subtema 1 materi ekosistem. 2. Apakah model problem based learning (PBL) berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas V SD Negeri 2 Indrapuri pada Pembelajaran IPA subtema 1 materi ekosistem. Tujuan Penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana penggunaan model problem based learning (PBL) dalam meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas V SD Negeri 2 Indrapuri pada Pembelajaran IPA subtema 1 materi ekosistem. Untuk mengetahui apakah model problem based learning (PBL) berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas V SD Negeri 2 Indrapuri pada Pembelajaran IPA subtema 1 materi ekosistem. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen karena gejala yang ditimbulkan diperlakukan dengan sengaja oleh peneliti, jenis eksperimen yang digunakan adalah pre-experimen dengan desain yaitu one-group pretes-postest. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan serta berdasarkan pengolahan data, maka dapat diambil kesimpulan bahwa Penerapan model problem based learning efektif terhadap peningkatan hasil belajar pada siswa kelas V SD Negeri 2 Indrapuri Aceh Besar, bahwa thitung > ttabel, yaitu 36,89 > 2,14 sehingga hipotesis dalam penelitian ini di terima.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran PBL, Pembelajaran IPA |
Subjects: | Ilmu Sosial (300-399) > 370 Pendidikan > 372.2 PGSD |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email eprints@bbg.ac.id |
Date Deposited: | 09 Oct 2024 04:41 |
Last Modified: | 09 Oct 2024 04:41 |
URI: | https://eprints.bbg.ac.id/id/eprint/198 |