PENGEMBANGAN MODEL PBL MELALUI METODE FIELDTRIP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARANIPA KELAS III SDN 24 BANDA

Waridah, NIM: 1811080075 (2023) PENGEMBANGAN MODEL PBL MELALUI METODE FIELDTRIP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARANIPA KELAS III SDN 24 BANDA. Skripsi thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena.

[thumbnail of Wardiah BAB I-V.pdf] Text
Wardiah BAB I-V.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SDN 24 Banda Aceh melalui metode karyawisata dengan model PBL (Problem Based Learning). Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan atau Research & Development (R&D) dengan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SDN 24 Banda Aceh. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah observasi, angket dan tes hasil belajar. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan statistic deskriptif. Pada hasil penelitian ini, terjadi peningkatan data pembelajaran melalui metode karyawisata terlaksana dengan baik dan diatas nilai KKM sebesar 94,1. Berdasarkan data tersebut, tingkat validitas diperoleh melalui data instrumen ahli media dengan skor 5,5 kategori sangat valid dan data instrumen ahli bahasa memperoleh 5,3 kategori sangat valid. Persentase nilai hasil belajar siswa diperoleh dari nilai hasil belajar siswa melalui instrumen praktikum yaitu 70% dengan kategori praktis dan berkembang. Hasil belajar melalui evaluasi pembelajaran IPA memperoleh 94% dengan kategori sangat meningkat. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pengembangan pada model PBL melalui metode field trip dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA kelas III SDN 24 Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning, Field Trips Dan Hasil Belajar
Subjects: Ilmu Sosial (300-399) > 370 Pendidikan > 372.2 PGSD
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with email eprints@bbg.ac.id
Date Deposited: 09 Oct 2024 08:00
Last Modified: 09 Oct 2024 08:00
URI: https://eprints.bbg.ac.id/id/eprint/205

Actions (login required)

View Item
View Item