Rida Fadilla, NIM: 1911050006 (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMA PADA MATERI SISTEM PERTIDAKSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL DI SMAN TRUMON TENGAH. Skripsi thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena.
![[thumbnail of Rida Fadilla BAB I-V.pdf]](https://eprints.bbg.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Rida Fadilla BAB I-V.pdf
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada materi sistem pertidaksamaan linear dua variabel yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning (PBL) dan konvensional di SMAN Trumon Tengah. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen yang dirancang dengan menggunakan desain pretes-postes countrol group desain, populasi yang digunakan adalah seluruh siswa kelas X.1 dan X.2 yang ada di SMAN Trumon Tengah pada tahun ajaran 2023/2024 yang terdiri dari dua kelas dengan jumblah 30 orang peserta didik dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Penelitian ini dilakasanakan sebanyak lima kali pertemuan.Pertemuan pertama peneliti melakukan pretes kepada kelas kontrol dan eksperimen tujuan nya adalah untuk mengetahui kemampuan awal siswa sebelum diberikan perlakuan. Pertemuan kedua sampai dengan ke empat kedua kelas diberi perlakuan yaitu kelas eksperimen dengan model pembelajaran problem based learning (PBL) dan kelas kontroldengan pembelajaran konvensional. Sedangkan pada pertemuan kelima kedua kelas dilakukan postes untuk mengetahui adakah peningkatan belajar mereka setelah diberi perlakuan.Data penelitian ini dihasilkan dari pretes-postes berdasarkan hasil analisis dan pembahasan maka dapat disimpulkan hasil belajar siswa pada materi sistem pertidaksamaan linear dua variabel di SMAN Trumon Tengah selama diterapkan model pembelajaran Problem based learning (PBL) di dapat = 2,17 > 1.701 maka hipotesis ditolak dan hipotesis alternatif diterima, artinya ada peningkatan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning (PBL) pada materi sistem pertidaksamaan linear dua variabel di SMAN Trumon Tengah.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model pembelajaran problem based learning (PBL),hasil belajar siswa,sistem pertidaksamaan linear dua variabel |
Subjects: | Sains (500-599) > 510 Matematika |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Unnamed user with email eprints@bbg.ac.id |
Date Deposited: | 11 Oct 2024 02:52 |
Last Modified: | 11 Oct 2024 03:05 |
URI: | https://eprints.bbg.ac.id/id/eprint/209 |