Asra Moneti, NIM: 1811050030 (2024) KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL HOTS (HIGH ORDER THINKING SKILLS) MATEMATIKA BERBASIS ETNOMATEMATIKA DI SMAN 1 TEUPAH SELATAN. Skripsi thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena.
![[thumbnail of Asra Moneti BAB I-V.pdf]](https://eprints.bbg.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Asra Moneti BAB I-V.pdf
Download (2MB)
Abstract
Dalam penelitian ini menjawab pertanyaan mengenai kesulitan yang dialami oleh siswa kelas X-IPS pada SMAN 1 Teupah Selatan dalam menyelesaikan soal HOTS (Higher Order Thinking Skills) matematika berbasis Etnomatematik dan kesulitan yang dialami oleh siswa kelas X-IPS pada SMAN 1 Teupah Selatan dalam menyelesaikan soal HOTS (Higher Order Thinking Skills) matematika berbasis Etnomatematika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kesulitan yang dialami oleh siswa kelas X-IPS pada SMA 1 Teupah Selatan dalam menyelesaikan soal HOTS (Higher Order Thinking Skills) matematika berbasis Etnomatematika dan mengetahui bagaimana kesulitan yang dialami oleh siswa kelas X-IPS pada SMA 1 Teupah Selatan dalam menyelesaikan soal HOTS (Higher Order Thinking Skills)matematika berbasis Etnomatematika. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil yang didapatkan bahwa kesulitan siswa berbeda-beda, pertama, objek RR mampu menyelesaikan dan menjelaskannya dengan kembali ketika di tanya. Maka dari hal tersebut objek RR masuk ke dalam katagori kemampuan tinggi dengan kesulitan dalam menyelesaikan soal HOTS yang rendah. Objek SR masuk ke dalam katagori kemampuan rendah karena mengalami kesulitan pada tingkat tinggi dalam menyelesaikan soal HOTS. Objek AJ masuk ke dalam katagori kemampuan sedang dengan katagori kesulitan menyelesaikan soal HOTS pada tingkatan sedang. Objek RR masuk ke dalam katagori kemampuan sedang karena mengalami kekeliruan dalam mengorganisasikan serta tidak menarik kesimpulan akhir yang menjadi hasil dari soal. Oleh karena itu, objek AJ berada pada tingkatan sedang pada katagori dalam kesulitan menyelesaikan soal HOTS. Objek AFS menunjukkan bahwa dalam menyelesaikan soal dengan kurang sempurna namun dalam tes tertulis terdapat kekeliruan pada tahap mendapatkan hasil akhir untuk nilai pada rumus volume prisma. Objek AFS masuk ke dalam katagori kemampuan sedang dengan katagori kesulitan menyelesaikan soal HOTS juga pada tingkatan sedang.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kesulitan Siswa, Soal HOTS, Matematika Berbasis Etnomatematik |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Unnamed user with email eprints@bbg.ac.id |
Date Deposited: | 21 Mar 2024 07:39 |
Last Modified: | 21 Mar 2024 07:39 |
URI: | https://eprints.bbg.ac.id/id/eprint/22 |