PENGARUH PELATIHAN DASAR TERHADAP PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN SISWA DALAM MEMBERIKAN PERTOLONGAN PERTAMA PADA KECELAKAAN DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 DARUL IMARAH KABUPATEN ACEH BESAR

Yayat Rohyat, NIM: 1812210133 (2022) PENGARUH PELATIHAN DASAR TERHADAP PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN SISWA DALAM MEMBERIKAN PERTOLONGAN PERTAMA PADA KECELAKAAN DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 DARUL IMARAH KABUPATEN ACEH BESAR. Skripsi thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena.

[thumbnail of Yayat Rohyat BAB I-V.pdf] Text
Yayat Rohyat BAB I-V.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pengetahuan merupakan domain yang sangat penting untuk membentuk suatu tindakan/keterampilan pertolongan pertama. Pengetahuan siswatentang pertolongan pertama sangatlah minim. Dampak dari rendahnya tingkat pengetahuan terkait pertolongan pertama pada kecelakaan terhadap penanganan luka bakar,luka tusuk,luka memar dan fraktur yang bisa salah penanganan pada fraktur bisa menyebabkan tinggi resiko kematian jika terlambat diberikan penanganan. Tujuan : untuk mengidentifikasi pengaruh pelatihan dasar terhadap pengetahuan dan keterampilan siswa dalam memberikan pertolongan pertama pada kecelakaan di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Darul Imarah Kabupaten Aceh Besar. Metode penelitian : mengunakan metode pre-experimen dengan desain penelitian one group pre and post tes. Sampel : berjumlah 122 responden dengan mengunakan teknik Random Sampling. Hasil penelitian : menunjukan bahwa sebelum di berikan pelatihan dasar terhadap pengetahuan dan keterampilan siswa dalam pertolongan pertama pada kecelakaan, mayoritas responden berpengetahuan kurang sebanyak 10 responden (8,2%) sesudah di berikan pelatihan lebih dari sebagian responden berpengetahuan baik sebanyak 72 responden (59,0%). Sedangkan untuk keterampilan sebelum di lakukan mayoritas responden kurang terampil sebanyak 43 responden (35,2%) sesudah di berikan keterampilan lebih dari sebagian responden terampil sebanyak 93 responden (76,2%). Kesimpulan : katagori pengetahuan siswa sebelum dilakukan demonstrasi dalam katagori pengetahuan kurang. Setelah kilakukan demontrasi pengetahuan siswa dalam katagori pengetahuan baik. Sedangkan untuk katagori keterampilan siswa sebelum dilakukan demonstrasi dalam katagori kurang terampil. Setelah kilakukan demontrasi keterampilan siswa dalam katagori terampil . Saran : Upaya meningkatkan kualitas dari Unit Kesehatan siswa dengan program unggulan. Pembinaan dan kegiatan tersetruktur di lingkungan SMAN 1 Darul Imarah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan, Pelatihan Dasar, Pengetahuan.
Subjects: Teknologi (600-699) > 610 Ilmu Keperawatan
Divisions: Fakultas Sains, Teknologi dan Ilmu Kesehatan > S1 Keperawatan
Depositing User: Unnamed user with email eprints@bbg.ac.id
Date Deposited: 25 Oct 2024 08:03
Last Modified: 25 Oct 2024 08:03
URI: https://eprints.bbg.ac.id/id/eprint/263

Actions (login required)

View Item
View Item