Indah Wulandari, NIM: 1911050010 (2023) ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS DITINJAU DARI SELF CONFIDENCE SISWA KELAS X SMAN TRUMON TENGAH. Skripsi thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena.
![[thumbnail of Indah Wulandari BAB I-V.pdf]](https://eprints.bbg.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Indah Wulandari BAB I-V.pdf
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemahaman matematis siswa SMAN Trumon Tengah ditinjau dari self confidence siswa yang berfokus pada materi fungsi eksponen. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif
dengan metode deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas X IPA 2 SMAN Trumon Tengah. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, angket, dan wawancara. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes soal kemampuan pemahaman matematis yang berbentuk uraian, angket self confidence dan lembar wawancara. Teknik analisis data menggunkan analisis angket dan soal, analisis wawancara dan analisis data (reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data yang digunakan adalah uji
kredibilitas data, pengujian transferability, pengujian dependability, dan pengujian confirmability. Hasil penelitian menunjukan bahwa self confidence siswa kelas X SMAN Trumon Tengah terbagi menjadi tiga, yaitu kemampuan
pemahaman matematis siswa dengan tingkat self confidence tinggi mampu memenuhi seluruh indikator kemampuan pemahaman matematis menurut Heris (2014) yaitu menyatakan ulang sebuah konsep, mengklasifikasikan objek-objek menurut sifat-sifat tertentu, memberi contoh dan bukan contoh dari konsep,
menyajikan konsep dalam berbagai bentuk representasi matematis, mengembangkan syarat perlu atau syarat cukup suatu konsep, menggunakan, memanfaatkan dan memilih prosedur atau operasi tertentu. Kemampuan pemahaman matematis siswa dengan tingkat self confidence sedang tidak mampu mencapai kemenurut Heris (2014) hanya mampu mencapai 5 indikator.
Kemampuan pemahaman matematis siswa dengan tingkat self confidence rendah, tidak mampu mencapai kemampuan pemahaman matematis menurut Heris (2014).
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Analisis, Kemampuan Pemahaman Matematis, Self Confidence |
Subjects: | Sains (500-599) > 510 Matematika |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Unnamed user with email eprints@bbg.ac.id |
Date Deposited: | 28 Oct 2024 08:04 |
Last Modified: | 28 Oct 2024 08:04 |
URI: | https://eprints.bbg.ac.id/id/eprint/270 |