MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF MELALUI PERMAINAN ULAR TANGGA PADA ANAK KELOMPOK B TK BINA PRESTASI ACEH JAYA

Firda Navira, NIM: 1811070050 (2023) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF MELALUI PERMAINAN ULAR TANGGA PADA ANAK KELOMPOK B TK BINA PRESTASI ACEH JAYA. Skripsi thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena.

[thumbnail of Firda Navira BAB I-V.pdf] Text
Firda Navira BAB I-V.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanakah peningkatkan kemampuan mengenal huruf melalui permainan ular tangga huruf pada anak kelompok B TK Bina Prestasi Desa Leupe Kecamatan Jaya Kabupaten Aceh Jaya. Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang difokuskan pada situasi kelas, atau lazim dikenal dengan prosedur yang digunakan berbentuk siklus. Subjek utama dalam penelitian ini adalah pada kelompok B berjumlah 22 orang anak (13 orang anak perempuan dan 9 orang anak laki-laki). Penelitian tindakan kelas ini menggunakan model Kemmis dan Taggart, yang menggunakan sistem spiral dimana setiap siklus terdiri dari tiga tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan refleksi yang dilakukan melalui dua siklus yaitu siklus I dan ke II tiap siklus terdiri atas tiga kali pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunaka metode observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif yang digunakan untuk menentukan peningkatan hasil dengan menggunakan persentase. Hasil peningkatan kemampuan mengenal huruf melalui permainan ular tangga pada anak kelompok B TK Bina prestasi Kecamatan Jaya Kabupaten Aceh Jaya. Keberhasilan penelitian ini menunjukkan bahwa permainan ular tangga huruf dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf Kelompok B TK Bina Prestasi Desa Leupe, Kecamatan Jaya, Kabupaten Aceh Jaya. Hal ini dapat dibuktikan dengan meningkatnya kemampuan anak-anak dalam mengenal huruf. Kemampuan anak pada siklus I 65,15%, dan kemampuan pada siklus II 90,49%, meningkat sebesar 25,34%. Peningkatan kemampuan mengenal huruf ini meliputi Anak mampu mengenal huruf yang ada di media ular tangga secara berurutan. Anak mampu membedakan huruf M dan W yang ada di media ular tangga. Anak mampu melengkapi huruf sesuai gambar yang ada pada media ular tangga.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Mengenal Huruf, permainan Ular Tangga
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Unnamed user with email eprints@bbg.ac.id
Date Deposited: 27 Mar 2024 03:56
Last Modified: 27 Mar 2024 03:56
URI: https://eprints.bbg.ac.id/id/eprint/28

Actions (login required)

View Item
View Item