ANALISIS BUTIR SOAL ULANGAN HARIAN PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2018/2019 DI SD NEGERI 7 JAGONG JEGET

Ndari Ramadhani, NIM: 1611010028 (2020) ANALISIS BUTIR SOAL ULANGAN HARIAN PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2018/2019 DI SD NEGERI 7 JAGONG JEGET. Skripsi thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena.

[thumbnail of Ndri Ramadhani BAB I-V.pdf] Text
Ndri Ramadhani BAB I-V.pdf

Download (4MB)

Abstract

Permasalahan yang diangkat dalam penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana tingkat kesulitan, daya pembeda, dan efektivitas pengecoh butir soal ulangan harian. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas butir soal ulangan harian pada mata pelajaran Bahasa Indonesia semester genap tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Metode pengumpulan data dengan dokumentasi atau telaah dokumen. Data yang diperoleh digunakan untuk mengetahui kualitas, kelayakan, dan karakteristik butir soal ulangan harian. Yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah seluruh butir soal ulangan harian semester genap tahun ajaran 2018/2019 di SD Negeri 7 Jagong Jeget, sedangkan yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah butir soal ulangan harian pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas V semester genap tahun ajaran 2018/2019 di SD Negeri Jagong Jeget dengan jumlah siswa sebanyak 18 orang.Hasil penelitian menunjukkan bahwa butir soal ulangan harian pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas V semester genap tahun ajaran 2018/2019 di SD Negeri 7 Jagong Jeget jika ditinjau dari: (1) tingkat kesulitan butir soal, sebanyak 5 (20,8%) butir soal dinyatakan mudah, 19 (79,1%) butir soal dinyatakan sedang, dan 0 (0%) butir soal dinyatakan sulit; (2) tingkat daya pembeda butir soal, sebanyak 6 (25%) butir soal dinyatakan baik, 6 (25%) butir soal dinyatakan cukup, 12
(50%) butir soal dinyatakan jelek; (3) efektivitas pengecoh, sebanyak 16 (66,6%) butir soal dinyatakan tidak efektif, 2 (8,3%) butir soal dinyatakan efektif. Secara keseluruhan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kualitas butir soal ulangan harian kelas V semester genap tahun ajaran 2018/2019 di SD Negeri 7 Jagong Jeget bisa dikatakan baik karena masih ada perbaikan pada beberapa item butir soal sebagai tindak lanjut untuk mendapatkan kualitas seperti yang diharapkan. Untuk itu analisis butir soal berdasarkan tingkat kesulitan, daya pembeda, dan efektivitas pengecoh perlu dilakukan untuk menghasilkan butir soal yang lebig baik untuk masa yang akan datang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Analisis butir soal, Ulangan harian, Mata Pelajaran Bahasa Indonesia, SD Negeri 7 Jagong Jeget
Subjects: Bahasa (400-490) > 410 Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Unnamed user with email eprints@bbg.ac.id
Date Deposited: 30 Oct 2024 07:38
Last Modified: 30 Oct 2024 07:38
URI: https://eprints.bbg.ac.id/id/eprint/281

Actions (login required)

View Item
View Item