KAJIAN RAGAM BAHASA PADA KONTEN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM INFLUENCER DI ACEH

Ayu Julita, NIM: 1611010039 (2021) KAJIAN RAGAM BAHASA PADA KONTEN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM INFLUENCER DI ACEH. Skripsi thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena.

[thumbnail of Ayu Julita BAB I-V.pdf] Text
Ayu Julita BAB I-V.pdf

Download (1MB)

Abstract

Perkembangan informasi dan teknologi yang semakin pesat berdampak pada meningkatnya penggunaan media sosial di masyarakat. Beberapa media sosial yang berkembang saat ini seperti facebook, instagram, youtube, twitter dan lain- lain, telah melahirkan gaya hidup baru dalam masyarakat. Media sosial seperti Instagram merupakan media komunikasi yang sedang eksis di tengah-tengah masyarakat. Peneliti ingin meneliti berbagai ragam bahasa komunikasi diakun media sosial Instagram dengan judul “Ragam Bahasa Pada Konten Media Sosial Instagram Influencer Di Aceh. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimanakah ragam bahasa yang digunakan Influencer pada media sosial Instagram di Aceh dan apa saja jenis komunikasi dalam media sosial instagram influencer di Aceh. Penelitian ini Bertujuan untuk menganalisis ragam bahasa yang digunakan oleh influencer dalam bermedia sosial dan jenis komunikasi yang digunakan oleh influencer dalam media sosial di Aceh. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini merupakan Instagram influencer di Aceh. Sumber data dalam penelitian ini dilihat dari status @agipalaydrus, @mutya_lifyanareal, @herlinkenza dan @khalida dengan melihat unggahan status mereka Desember 2020. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi dan teknik catat. Keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu mengadakan pengamatan. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu megkaji ragam bahasa yang digunakan oleh influencer di Aceh dalam unggahan status mereka selama Desember 2020, kemudian mengidentifikasi ragam bahasa yang ada dalam unggahan status mereka, mendeskripsikan ragam bahasa yang digunakan influencer dalam media sosial. Berdasarkan analisis data dapat dijabarkan hasil penelitian sebagai berikut. Kajian ragam bahasa yang terdapat pada unggahan status influencer di Aceh ada 2 yaitu ragam bahasa niaga dan ragam bahasa santai. Contoh ragam bahasa niaga yang digunakan misalnya’’Ashraf sekarang pakai diapers @neppibaby nya misha yang ukuran XL Alhamdulillah cocok, ga pernah bocor walaupun agak besar sedikit dan ga pernah ruam popok sama sekali” ragam bahasa santai sebagai wujud ekpresi dari kegiatan sehari-hari mereka misalnya “Cari Teman itu yang sibuk nyari duit, bukan yang sibuk makan bangkai saudaranya (ghibah)” berdasarkan konten bahasa, para influencer menggunakan Zeroisasi, Diftongisasi penambahan grafik diakhir kalimat, terdapat perubahan grafik seperti perubahan vokal a menjadi e, perubahan leksikal: seperti senang sekali dan perubahan semantik, mengunakan singkatan atau abreviasi dalam unggahan status seperti kata setelah, beberapa juga menggunakan mix code, dan emotion digunakan sesuai dengan pesan dari postingan, misalnya sedih, gembira dan menangis dan jenis komunikasi yang digunakan oleh influencer di Aceh dalam bermedia sosial adalah komunikasi verbal, hal ini terlihat dari unggahan status mereka dalam menyampaikan pesan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa para influencer di Aceh lebih banyak menggunakan bahasa niaga karena cocok digunakan untuk mempromosikan barang didalam unggahan status instagram mereka dengan tujuan agar para pengikutnya tertarik untuk membeli barang yang dipromosikan dengan menggunakan bahasa yang santai, kemudian jenis komunikasi yang digunakan adalah komunikasi verbal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: ragam bahasa, media sosial, influencer
Subjects: Bahasa (400-490) > 410 Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Unnamed user with email eprints@bbg.ac.id
Date Deposited: 31 Oct 2024 01:49
Last Modified: 31 Oct 2024 01:49
URI: https://eprints.bbg.ac.id/id/eprint/284

Actions (login required)

View Item
View Item