PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGANALISIS CERPEN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING TERHADAP SISWA KELAS XI SMA 5 BANDA ACEH

Selasa Fitri, 1511010022 (2020) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGANALISIS CERPEN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING TERHADAP SISWA KELAS XI SMA 5 BANDA ACEH. Skripsi thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena.

[thumbnail of Selasa Fitri BAB I-V.pdf] Text
Selasa Fitri BAB I-V.pdf

Download (2MB)

Abstract

Keterampilan menganalisis cerita cerpen adalah salah satu materi yang terdapat dalam mata pelajaran bahasa Indonesia. Penelitian ini berkaitan dengan peningkatan kemampuan menganalisis cerita cerpen menggunakan model Student Facilitator and Explaining. Berdasarkan observasi pada siswa kelas XI BIPA 4 SMA 5 Banda Aceh menunjukan bahwa proses dan hasil pembelajaran menganalisis cerpen masih rendah. Faktor penyebab adalah kurangnya pemahaman siswa terhadap analisis cerpen. Hal ini dibuktikan dengan tercapainya kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang diterapkan yaitu 75. Salah satu model yang mendukung yaitu Student Facilitator and Explaining. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana model Student Facilitator and Explaining dapat meningkatkan kemampuan membaca cerpen di kelas XI BIPA 4 SMAN 5 Banda Aceh? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa menganalisis cerpen dengan penerapan model pembelajarans Student Facilitator and Explaining di kelas XI BIPA 4 SMA Negeri 5 Banda Aceh. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sedangakan pendekatanya adalah Mix methode. Prosudur penelitian berbentuk siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap meliputi: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan bentuk observasi dan tes. Pengumpulan data ini menggunakan instrumen observasi kinerja guru dan lembar tes siswa berupa esai. Setelah data terkumpul kemudian dianalisis menggunakan teknik statistik sederhana dalam bentuk perhitungan nilai rata-rata berdasarkan hasil nilai siswa. Berdasarkan hasil analisis data, pada kegiatan observasi awal diproleh hasil tes siswa rata-rata 20,1 angkah ini belum memenuhi standar KKM sehingga dilakukan kegitan ke siklus I. Pada hasil tes siklus I diproleh nilai rata-rata siswa 54,1 presentase antara nilai observasi awal dan siklus I sebesar 24% namun masih belum mencapai taraf ketuntasan sehinggan dilanjutkan ke siklus II. Pada hasil kegiatan siklus II diproleh nilai tes siswa rata-rata 62.5, persentase antara I dan II sebesar 45% sedikit ada peningkatan namun masih belum meningkat, maka penelitian ini dilanjutkan ke siklus III. Pada hasil kegiatan siklus III menunjukan bahwa hasil tes menunjukan nilai rata-rata siswa 83,1 sudah tuntasan sebanyak 90%. Kemudian kegitan observasi aktivitas guru siklus I diproleh nilai rata-rata 60 termasuk dalam kategori cukup,sehingga harus harus diperbaiki pada siklus II. Pada hasil kegitatan observasi guru siklus II dan III sudah meningkat 85 termasuk sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan model Student Facilitator and Explaining pada siswa kelas XI BIPA 4 SMA Negeri 5 Banda Aceh dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menganalisis cerpen hal ini terlihat dari peningkatan pada setiap siklusnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: model Student Facilitator and Explaining, Analisis cerpen.
Subjects: Bahasa (400-490) > 410 Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Unnamed user with email eprints@bbg.ac.id
Date Deposited: 31 Oct 2024 02:08
Last Modified: 31 Oct 2024 02:08
URI: https://eprints.bbg.ac.id/id/eprint/287

Actions (login required)

View Item
View Item