Riko Satria, NIM: 1211010021 (2017) EFEKTIVITAS METODE EXAMPLES NON EXAMPLES MENULIS BIOGRAFI PADA SISWA KELAS VIII-5 SMPN 8 BANDA ACEH. Skripsi thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena.
![[thumbnail of Riko Satria BAB I-V.pdf]](https://eprints.bbg.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Riko Satria BAB I-V.pdf
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan efektivitas keterampilan menulis biografi dengan menggunakan metode pemebelajaran Examples Non Examples dengan siswa yang mengikuti pembelajaran menulis biografi tanpa menggunakan metode Examples Non Examples. Adapun yang menjadi populasi penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 8 Banda Aceh, dengan sampel yang diambil melalui sample random sampling atau pengambilan sampel dengan cara acak sederhana untuk menentukan kelas yang diberi perlakuan dan kelas yang tidak diberi perlakuan.Berdasarkan teknik VIII-5 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII- 4 sebagai kelas kontrol.Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif maksutnya untuk mencari data-data kuantitatif dengan melalui hasil ujicoba eksperimen dengan menggunakan desain pretest – group design. Instrumen yang digunakan adalah tes akhir yang diberikan pada kelas eksperimen yang diuji menggunakan analisis statistik uji t. Berdasarakan rumus uji t, serta dilakuakan dengan pengujian hipotesis pada taraf signifikan ∝ =0,05 dan derajat kebebasan (dk) = 34 diperoleh t hitung = 4,505 dan t tabel = 2,04 sehingga t hitung > t (tabel) yaitu 4,505 > 2,04 dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima. Dilihat melalui tingkat kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dilihat dari rentang nilai analisis statistik deskriptif dengan rumus ρ=f/N x 100% diperoleh dengan hasil 2,41≤TKG <3,20 cukup baik. Jadi dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa dengan menggunakan metode Examples Non Examples efektif digunakan pada materi menulis biografi di kelas VIII-5 SMP Negeri 8 Banda Aceh, diharapkan penelitian ini biasa dijadikan referensi bagi guru agar dapat diaplikasikan dalam proses belajar mengajar khususnya pembelajaran bahasa indonesia di sekolah.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | metode examples nonexamples menulis biografi |
Subjects: | Bahasa (400-490) > 410 Bahasa Indonesia |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Unnamed user with email eprints@bbg.ac.id |
Date Deposited: | 06 Nov 2024 02:44 |
Last Modified: | 06 Nov 2024 02:44 |
URI: | https://eprints.bbg.ac.id/id/eprint/292 |