KEMAMPUAN MEMBACA EKSTENSIF UNTUK MENEMUKAN GAGASAN DARI ARTIKEL DENGAN METODE INQUIRY PADA SISWA KELAS VII MTS DARUL AMAN ACEH BESAR

Carlina, NIM: 1211010031 (2018) KEMAMPUAN MEMBACA EKSTENSIF UNTUK MENEMUKAN GAGASAN DARI ARTIKEL DENGAN METODE INQUIRY PADA SISWA KELAS VII MTS DARUL AMAN ACEH BESAR. Skripsi thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena.

[thumbnail of Carlina BAB I-V.pdf] Text
Carlina BAB I-V.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kemampuan membaca merupakan pokok utama dalam berbahasa. Melalui membaca seseorang mampu menemukan berbagi informasi, gagasan dan ilmu pengetahuan. Salah satunya adalah kemampuan membaca ekstensif artikel. Hasil observasi awal pada siswa kelas VII MTs Darul Aman Aceh Besar diketahui kemampuan membaca ekstensif artikel masih rendah. Salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan membaca ekstensif artikel yaitu menggunakan metode Inquiry. Penelitian ini mengkaji bagaimana kemampuan membaca ekstensif siswa dan peningkatannya setelah pembelajaran menggunakan metode Inkuiry. Tujuan penelitian untuk mengetahui kemampuan membaca ekstensif artikel dalam menemukan gagagsan sebuah artikel dan peningkatannya pada kelas VII MTs Darul Aman Aceh Besar melalui pembelajaran metode Inkuiry. Metode penelitian yang digunakan adalah pre-eksperimen, yaitu dengan melibatkan satu kelas dengan memberikan tes awal dan akhir. Data penelitian dikumpulkan melalui instrumen tes yang berupa penilaian kemampuan membaca ekstensif artikel. Data hasil penelitian dianalisis secara kuantitatif dengan teknik persentase. Pembelajaran melatih kemampuan membaca ekstensif artikel menggunakan metode Inkuiry terlaksana secara maksimal dan sesuai rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Hasil analisis data didapat bahwa data tes awal, akhir dan N-Gain adalah normal, dengan nilai rata-rata tes awal 32,00 dan tes akhir meninkat menjadi 71,75. Kemampuan membaca ekstensif artikel siswa tertinggi pada kriteria lebih dari cukup mencapai 30%. Secara keseluruhan kemampuan membaca esktensif siswa terhadap artikel dengan metode Inkuiry mencapai 25% pada kategori tinggi N-Gain dan kategori sedang mencapai 70%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan membaca ekstensif siswa kelas VII MTs Darul Aman Aceh Besar dalam menemukan gagasan utama dalam sebuah artikel dengan menggunakan metode inquiri. Peneliti menyarankan agar guru hendaknya menggunakan metode dan teknik pembelajaran yang bervariasi dalam pembelajaran membaca, siswa hendaknya menggunakan metode dan teknik dalam membaca agar proses membaca menjadi efektif, dan para peneliti atau praktisi di bidang pendidikan bahasa dapat melakukan penelitian serupa dengan metode dan teknik pembelajaran yang berbeda sehingga didapatkan berbagai alternatif metode pembelajaran membaca.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kemampuan membaca ekstensif artikel, metode inquiry.
Subjects: Bahasa (400-490) > 410 Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Unnamed user with email eprints@bbg.ac.id
Date Deposited: 06 Nov 2024 04:34
Last Modified: 06 Nov 2024 04:34
URI: https://eprints.bbg.ac.id/id/eprint/300

Actions (login required)

View Item
View Item