PENGEMBANGAN MEDIA EDUCATION CARD BERBANTUAN METODE STRUKTURAL ANALITIK SINTETIK (SAS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA KELAS II SD NEGERI 69 BANDA ACEH

Nurjannati, NIM: 20080078 (2024) PENGEMBANGAN MEDIA EDUCATION CARD BERBANTUAN METODE STRUKTURAL ANALITIK SINTETIK (SAS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA KELAS II SD NEGERI 69 BANDA ACEH. Skripsi thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena.

[thumbnail of Nurjannati BAB I-V.pdf] Text
Nurjannati BAB I-V.pdf

Download (4MB)

Abstract

Pengajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar memiliki arti dan peranan penting bagi peserta didik karena merupakan awal mula diletakkannya landasan kemampuan berbahasa Indonesia. Mengingat pentingnya membaca bagi perkembangan peserta didik, maka guru perlu memacu peserta didiknya untuk
membaca dengan benar dan selektif. Media pembelajaran memiliki peranan penting dalam menunjang kualitas proses belajar mengajar, metode struktural analitik sintetik juga salah satu metode yang bisa digunakan untuk proses pembelajaran membaca permulaan bagi peserta didik. Tujuan penelitian ini diantaranya, Membantu peserta didik agar lebih mudah mengenal abjad, menyusun suku kata,
meningkatkan kemampuan membaca, kevalidan serta kepraktisan media education card. Peneliti menggunakan metode pengembangan R&D (Research and Development) dengan prosedur pengembangan ADDIE. Adapun hasil penelitian menunjukan bahwa berdasarkan observasi awal rata-rata kemampuan membaca
peserta didik sebesar 2.9 “cukup baik”, setelah menggunakan media education cardberbantuan metode struktural analitik sintetik rata-rata kemampuan membaca peserta didik meningkat 4.1 “baik”. Berdasarkan penilaian ahli materi 88.57%
“sangat valid”. ahli media 93.33% “sangat valid”, ahli bahasa 90% “sangat valid” dan kepraktisan produk 94% “sangat praktis”. Nilai rata-rata pree test peserta didik
pada tes awal 66, nilai peserta didik ≥ 70 sebanyak 10 orang, nilai peserta didik < 70 sebanyak 22 orang. Pada post test, rata-rata nilai peserta didik meningkat menjadi 81, nilai peserta didik ≥ 70 sebanyak 32 orang, artinya semua siswa mencapai KKM. Berdasarkan penjelasan tersebut, peneliti dapat menyimpulkan bahwa pengembangan media education card berbantuan metode struktural analitik
sintetik sangat baik digunakan dalam meningkatkan kemampuan membaca peserta didik kelas II SD Negeri 69 Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Education card, Metode SAS, Kemampuan Membaca
Subjects: Ilmu Sosial (300-399) > 370 Pendidikan > 372.2 PGSD
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with email eprints@bbg.ac.id
Date Deposited: 06 Nov 2024 07:39
Last Modified: 06 Nov 2024 07:39
URI: https://eprints.bbg.ac.id/id/eprint/304

Actions (login required)

View Item
View Item