PENERAPAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA KELAS 3 SDN 19 BANDA ACEH

Diah Musfirah, NIM: 20080116 (2024) PENERAPAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA KELAS 3 SDN 19 BANDA ACEH. Skripsi thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena.

[thumbnail of Diah Musfirah BAB I-V.pdf] Text
Diah Musfirah BAB I-V.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan literasi matematis siswa kelas 3 SDN 19 Banda Aceh dengan mengerjakan soal cerita pada materi perkalian. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunkan metode Pre-Eksperimental Design jenis One Group Pretest-Posttest. Penelitian ini dilakukan kepada siswa kelas 3 dengan jumlah sampel pada penelitian ini adalah 29 siswa.Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan di kelas 3 SDN 19 Banda Aceh. Menunjukkan bahwa Pendekatan Realistic Mathematic Education dapat meningkatkan kemampuan literasi matematis siswa kelas 3 SDN 19 Banda Aceh. Hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan Uji T Paired Sampel, bahwa p value (Asymp. Sig 2 tailed) sebesar 0,000 di mana kurang dari 0,05 sehingga keputusan hipotesis adalah Menolak H0 dan menerima Ha yang berarti Pendekatan Realistic Mathematics Education dapat meningkatkan kemampuan literasi matematis kelas 3 SDN 19 Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Realistic Mathematic Education, Kemampuan Literasi
Subjects: Ilmu Sosial (300-399) > 370 Pendidikan > 372.2 PGSD
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with email eprints@bbg.ac.id
Date Deposited: 06 Nov 2024 07:56
Last Modified: 06 Nov 2024 07:56
URI: https://eprints.bbg.ac.id/id/eprint/307

Actions (login required)

View Item
View Item