Rahmah Suqya, NIM: 1511010025 (2021) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPOSISI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL MIND MAPPING PADA SISWA KELAS X MIPA 4 SMA NEGERI 3 BANDA ACEH. Skripsi thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena.
![[thumbnail of Rahmah Suqya BAB I-V.pdf]](https://eprints.bbg.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Rahmah Suqya BAB I-V.pdf
Download (3MB)
Abstract
Menulis mempunyai peranan yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Dengan menulis seseorang dapat mengembangkan daya pikir dan kreativitas. Salah satu contoh menulis adalah menulis teks eksposisi. Teks eksposisi merupakan sebuah tulisan berisi informasi yang disampaikan untuk memperluas wawasan atau pengetahuan pembaca. Berdasarkan observasi pada siswa kelas X MIPA 4 SMA Negeri 3 Banda Aceh menunjukan bahwa proses dan hasil pembelajaran menulis teks eksposisi termasuk pada tahap kurang memuaskan. Faktor utama penyebab hal tersebut adalah kurangnya pemahaman siswa tentang struktur dan kaidah kebahasaan teks eksposisi. Hal ini dibuktikan dengan tidak tercapainya Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang diterapkan yaitu 76. Salah satu model pembelajaran yang mendukung hal tersebut diatas dan sesuai dengan materi teks eksposisi adalah model Mind Mapping. Model pembelajaran Mind Mapping dapat melatih proses berpikir siswa dalam mengembangkan ide dan kreativitas, mendorong kemauan dan kemampuan dalam mengumpulkan informasi yang kemudian dituangkan siswa dalam mengembangkan sebuah tulisan. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah model Mind Mapping dapat meningkatkan kemampuan menulis teks eksposisi pada siswa kelas X MIPA 4 SMA Negeri 3 Banda Aceh? Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa kelas X MIPA 4 SMA Negeri 3 Banda Aceh dalam menulis teks eksposisi dengan menggunakan Model Mind Mapping. Jenis penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sedangkan pendekatannya adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Prosedur penelitian berbentuk siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap meliputi: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan bentuk observasi dan tes. Pengumpulan data ini menggunakan instrumen observasi kinerja guru dan lembar tes siswa berupa essay. Setelah data terkumpul kemudian dianalisis menggunakan teknik statistik sederhana dalam bentuk perhitungan nilai rata-rata berdasarkan hasil nilai siswa. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh hasil pada kegiatan siklus I menunjukan bahwa hasil observasi guru dalam mengelola pembelajaran dikategorikan sangat baik. Sedangkan hasil tes siswa diperoleh nilai rata-rata 50, berbeda dengan hasil pada saat pra siklus yaitu nilai rata-ratanya 33. Jadi selisih antara nilai pra siklus dan siklus I sebanyak 17%, namun masih belum mencapai taraf keberhasilan sehingga dilanjutkan ke siklus II. Pada hasil kegiatan siklus II menunjukan bahwa hasil observasi guru dalam mengelola pembelajaran termasuk kategori yang sangat baik. Pada hasil tes menunjukan nilai rata-rata siswa 83, selisih antara siklus I dan siklus II sebanyak 33%. Dengan demikian menulis teks eksposisi dengan menggunakan model Mind Mapping pada siswa kelas X MIPA 4 SMA Negeri 3 Banda Aceh meningkat pada siklus II sebanyak 33% dan efektif diterapkan pada materi teks eksposisi di kelas X MIPA 4 SMA Negeri 3 Banda Aceh.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Mind Mapping, Teks Eksposisi, Menulis |
Subjects: | Bahasa (400-490) > 410 Bahasa Indonesia |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Unnamed user with email eprints@bbg.ac.id |
Date Deposited: | 07 Nov 2024 04:12 |
Last Modified: | 07 Nov 2024 04:12 |
URI: | https://eprints.bbg.ac.id/id/eprint/314 |