Raimando, NIM: 1511010019 (2020) PENGARUH MODEL GROUP INVESTIGATION DALAM PEMBELAJARAN TEKS ANEKDOT PADA SISWA KELAS X IPA 2SMA NEGERI 12 MODEL BANDA ACEH PADA MATERI TEKS ANEKDOT. Skripsi thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena.
![[thumbnail of Raimando BAB I-V.pdf]](https://eprints.bbg.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Raimando BAB I-V.pdf
Download (2MB)
Abstract
Perkembangan knologi pada ere modern juga berdampak pada dunia pendididkan. Pembaruan dilakukan pada hampir seluruh aspek pendidikan, kurikulum terbaru yakni kurikulum 2013 pada jenjang SMP dan SMAberbasis pada teks. Pada jenjang SMA, teks Anekdot adalah salah satu teks yang harus dikuasai oleh siswa kelas X. Rumusan masalah penelitian ini adalah “Bagaimana Pengaruh Model Group Investigation dalam Pembelajaran Teks Anekdot pada Siswa kelas X IPA 2 SMA Negeri 12 Model Banda Aceh”. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Group Investigation terhadap hasil belajar siswa kelas X IPA 2 SMA Negeri 12 Model Banda Aceh. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa X IPA 2 SMA Negeri 12 Model Banda Aceh yang berjumlah 33 orang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan desain one-group-pre-test-post-test, nilai rata-rata tes awal (pre-test) ((x ) ̅) siswa 66,59 dengan uji (t) yaitu: -0,92 dan tes akhir (post-test) setelah menerapkan model Group Investigation nilai rata-rata ((x ) ̅) siswa 84,22 dengan uji (t) yaitu: 8,36. Selanjutnya dari hasil wawancara dengan guru studi, bahwa keaktifan dan kerja sama kelompok dalam mengemukakan pendapat sangat baik setelah diterapkanya model group invetigation. Sementara itu, dari hasil pengamatan observasi rata-rata presentase yaitu 95,45 % sudah mencapai katagori sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa dengan penerapkan model pembelajaran group investigation sangat berpengaruh pada hasil belajar siswa kelas X IPA 2 SMA Negeri 12 Model Banda Aceh. Adapun saran yang diberikan adalah agar menjadikan sebuah contoh model pembelajaran yang berguna bagi guru, sebagai alat artenatif untuk memecahkan sebuah pembelajaran, dan menjadikan sebuah memotivasi bagi siswa agar tidak bosan dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | group investigation, teks anekdot, menganalisis |
Subjects: | Bahasa (400-490) > 410 Bahasa Indonesia |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Unnamed user with email eprints@bbg.ac.id |
Date Deposited: | 07 Nov 2024 04:21 |
Last Modified: | 07 Nov 2024 04:21 |
URI: | https://eprints.bbg.ac.id/id/eprint/316 |