PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PJBL (PROJECT BASED LEARNING) MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN DIORAMA SIKLUS AIR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA 8 LINGKUNGAN SAHABAT KITA DI KELAS V SD NEGERI 70 BANDA ACEH

Sahara, NIM: 20080062 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PJBL (PROJECT BASED LEARNING) MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN DIORAMA SIKLUS AIR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA 8 LINGKUNGAN SAHABAT KITA DI KELAS V SD NEGERI 70 BANDA ACEH. Skripsi thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena.

[thumbnail of Sahara Aulia BAB I-V.pdf] Text
Sahara Aulia BAB I-V.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran PJBL (Project Based Learning) dengan menggunakan media diorama siklus air terhadap hasil belajar siswa pada Tema 8 “Lingkungan Sahabat Kita” di kelas V SD Negeri 70 Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian true exsperimental desaign menggunakan pre-test post-test control group desaign. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 70 Banda Aceh yang berjumlah 46 orang yang terbagi menjadi 2 kelas. Untuk memperoleh pembagian sampel yang setara maka sampel penelitian ini dipilih dengan menggunakan teknik random sampling guna menetapkan kelas kontrol dan kelas eksperimen. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Sementara data yang telah dikumpulkan kemudian dianalisis menggunakan uji-t. Berdasarkan analisis data, terdapat perbedaan yang signifikan pada perolehan hasil belajar antara siswa yang diterapkan model pembelajaran PJBL menggunakan media diorama siklus air dengan siswa yang diterapkan model pembelajaran konvensional. Uji-t dikatakan berpengaruh apabila > dalam penelitian ini diperoleh sebesar 5.252, dan nilai dengan tingkat signifikansi α = 0,05 atau 5% dan derajat kebebasan (dk) = 44, diperoleh nilai sebesar 2.015. Dengan demikian > yaitu 5.252 > 2.015. berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran PJBL menggunakan media pembelajaran diorama siklus air dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V di SD Negeri 70 Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PJBL (Project Based Learning), Media Diorama Siklus Air, Hasil Belajar.
Subjects: Ilmu Sosial (300-399) > 370 Pendidikan > 372.2 PGSD
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with email eprints@bbg.ac.id
Date Deposited: 11 Nov 2024 07:43
Last Modified: 11 Nov 2024 07:43
URI: https://eprints.bbg.ac.id/id/eprint/318

Actions (login required)

View Item
View Item