PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PjBL (Project Based Learning) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KEKAYAAN BUDAYA INDONESIA DI KELAS IV SD NEGERI 17 BANDA ACEH

Siti Rahila, NIM: 20080053 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PjBL (Project Based Learning) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KEKAYAAN BUDAYA INDONESIA DI KELAS IV SD NEGERI 17 BANDA ACEH. Skripsi thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena.

[thumbnail of Siti Rahila BAB I-V.pdf] Text
Siti Rahila BAB I-V.pdf

Download (2MB)

Abstract

Hasil belajar siswa di SD Negeri 17 Banda Aceh khususnya pada materi kekayaan budaya Indonesia belum mencapai Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP) yang ditetapkan sehingga diperlukan model pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan perkembangan kurikulum dan juga siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran PjBL (Project Based Learning) terhadap hasil belajar siswa pada materi kekayaan budaya Indonesia di Kelas IV SD Negeri 17 Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain pra eksperimen one group pretest posttest design. Populasi penelitian ini
seluruh siswa kelas IV berjumlah 28 orang dan seluruh populasi dijadikan sa,pel penelitian (total sampling). Pengumpulan data dilakukan melalui tes yaitu tes awal
dan tes akhir. Data yang terkumpul dianalisis dengan uji statistik (uji-t). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran PjBL berpengaruh terhadap hasil belajar siswa hal ini dapat dilihat dari hasil tes awal sebanyak 39,5 meningkat menjadi 71,5 pada tes akhir. Hasil ini juga diperkuat dengan uji hipotesis bahwa nilai t-hitung > harga t-tabel 49,59> 1,70). Dengan demikian penerapan model pembelajaran PjBL (Project Based Learning) berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada materi kekayaan budaya Indonesia di Kelas IV SD Negeri 17 Banda Aceh. Selain itu, aktivitas guru dalam pembelajaran menggunakan model PjBL
secara keseluruhan mendapat skor 4,74 yang termasuk pada kategori sangat baik. Selanjutnya, aktivitas siswa dalam pembelajaran sebanyak 4,66 yang termasuk kategori sangat baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Project Based Learning, hasil belajar
Subjects: Ilmu Sosial (300-399) > 370 Pendidikan > 372.2 PGSD
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with email eprints@bbg.ac.id
Date Deposited: 11 Nov 2024 07:47
Last Modified: 11 Nov 2024 07:47
URI: https://eprints.bbg.ac.id/id/eprint/319

Actions (login required)

View Item
View Item