Nabila Anisa, NIM: 1911050035 (2023) PENERAPAN STRATEGI ACTIVE LEARNING TIPE INDEX CARD MATCH (ICM) DENGAN KONTEKS KEHIDUPAN NYATA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI TURUNAN DI KELAS XI SMAN 1 KRUENG BARONA JAYA. Skripsi thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena.
![[thumbnail of Nabila Anisa BAB I-V.pdf]](https://eprints.bbg.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Nabila Anisa BAB I-V.pdf
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan strategi active learning tipe index card match (ICM) dengan konteks kehidupan nyata untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi turunan di kelas XI SMAN 1 Krueng Barona Jaya. Siswa kelas XI MIA 2 SMAN 1 Krueng Barona Jaya yang menjadi sampel penelitian ini berjumlah 21 orang, dengan 14 siswa perempuan dan 7 siswa laki-laki yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat fase yaitu perencanaan, tindakan,
observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil belajar siswa kelas XI MIA 2 SMAN 1 Krueng Barona Jaya pada pra tindakan yaitu 48,57% dengan kategori kurang, pada siklus I sudah mengalami
peningkatan mencapai 65,75% tetapi masih dalam kategori kurang dan mengalami peningkatan pada siklus II dengan kategori baik dengan nilai 82,25%, sehingga terlihat
peningkatan hasil belajar siswa siklus I dan hasil belajar siswa siklus II mengalami peningkatan secara signifikan. Penelitiaan ini dihentikan pada siklus II karena telah
tercapainya indikator keberhasilan dan dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi active learning tipe index card match dengan konteks kehidupan nyata dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi turunan di kelas XI SMAN 1 Krueng Barona Jaya.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Active Learning, Index Card Match, Hasil Belajar |
Subjects: | Sains (500-599) > 510 Matematika |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Unnamed user with email eprints@bbg.ac.id |
Date Deposited: | 11 Nov 2024 08:12 |
Last Modified: | 11 Nov 2024 08:12 |
URI: | https://eprints.bbg.ac.id/id/eprint/322 |