Dita Maulita Wati, NIM: 20080079 (2024) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPAS KELAS IV SD NEGERI 72 ALUE NAGA BANDA ACEH. Skripsi thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena.
![[thumbnail of Dita Maulita BAB I-V.pdf]](https://eprints.bbg.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Dita Maulita BAB I-V.pdf
Download (7MB)
Abstract
Video pembelajaran dapat dimanfaatkan dalam salah satu mata pelajaran di Sekolah Dasar yaitu IPAS tentang materi aku dan kebutuhan. Pada materi ini Video Pembelajaran dapat membantu siswa dalam memahami materi dan selanjutnya siswa akan mengamati video yang berisikan materi aku dan kebutuhanku yang ditampilkan. Tujuan dari penelittian ini adalaha untuk mengetahui kevalidan dan kepraktisan Kevalidan video pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPAS kelas IV SD Negeri 72 Alue Naga Banda Aceh, serta untuk mengetahu efektifitas penggunaan video pembelajaran pada pembelajaraqn IPAS untuk meningkatkan hasil belajar sisawa kelas IV SD Negeri 72 Alue Naga Banda Aceh. Metode yang digunakan adalah metode research and development disingkat dengan R&D dengan model ADDIE. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 72 Alue Naga Banda Aceh dengan jumlah siswa kelas IV sebnyak 20 siswa. Berdasarkan hasil penelitian bahwa hasil kevalidan pengembangan video pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPAS di kelas IV SD Negeri 72 Alue Naga Banda Aceh bahwa diperoleh nilai keseluruhan validasi sebesar 94.07% dengan kriteria “Sangat Valid”. Sedangkan kepraktisan pengembangan video pembelajaran IPAS di kelas IV SD Negeri 72 Alue Naga Banda Aceh dengan menggunakan angket respon guru bahwa diperoleh pesentase penilaian dengan skor 100% dengan kriteria “Sangat praktis”. Sedangkan hasil angket respon siswa diperoleh persentase penilaian dengan skor 85.50% sehingga mendapatkan kriteria “Sangat menarik”. Efektifitas hasil belajar siswa pada pre test rata-rata nilai keseluruhan sebesar 63.50 dengan kriteria pembelajaran “Belum Tuntas”. Sedangkan post test setelah penggunaan video pembelajaran pada pembelajaran IPAS diperoleh rata- rata nilai keseluruhan sebesar 91.25 dengan kriteria “Tuntas”. Dimana hal ini menunjukan bahwa video pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPAS di kelas IV SD Negeri 72 Alue Naga Banda Aceh sangat efektif digunakan dalam pembelajaran dikelas.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Video Pembelajaran, Hasil Belajar |
Subjects: | Ilmu Sosial (300-399) > 370 Pendidikan > 372.2 PGSD |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email eprints@bbg.ac.id |
Date Deposited: | 13 Nov 2024 01:57 |
Last Modified: | 13 Nov 2024 01:57 |
URI: | https://eprints.bbg.ac.id/id/eprint/327 |