Ernawati, NIM: 22116018 (2024) ANALISIS SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH BERBASIS MODEL KLINIS DALAM MENINGKATKAN MUTU SEKOLAH DI GUGUS VII SD NEGERI KECAMATAN TAPAKTUAN. Masters thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena.
![[thumbnail of Ernawati BAB I-V.pdf]](https://eprints.bbg.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Ernawati BAB I-V.pdf
Download (1MB)
Abstract
Latar Belakang penulisan ini adalah guru dalam melaksanakan tugas pembelajaran, tak jarang pendidik menjumpai kesulitan dalam pencapaian tujuan pembelajaran yang di harapkan oleh satuan pendidikan. Karena itu, dibutuhkan peran penting kepala sekolah untuk membantu para guru dalam menghadapi permasalahan pembelajaran tersebut. Dalam memberikan layanan Pendidikan Kepala Sekolah melaksanakan supervisi akademik model klinis untuk membantu pendidik keluar dari permasalahan yang di hadapi. Program yang dilaksanakan dalam rangka memberdayakan dan membantu membina mutu pembelajaran sehingga dapat meningkatkan mutu sekolah adalah supervisi akademik. Dan supervisi model klinis ini dilaksanakan oleh Kepala sekolah dalam rangka untuk meningkatkan skill mengajar di dalam kelas. Penelitian ini bertujuan untuk; 1). Mendeskripsikan pelaksanaan supervisi akademik kepala sekolah model klinis dapat miningkatan kemampuan guru dan mutu sekolah di Gugus VII SD Kecamatan Tapaktuan Kabupaten Aceh Selatan. 2). Mendeskripsikan dan Mengalisis pelaksanaan supervisi akademik kepala sekolah berbasis model klinis dalam meningkatkan mutu sekolah Di Gugus VII SD Negeri Kecamatan Tapaktuan di Kabupaten Aceh Selatan. 3). Mendeskripsikan dan Mengalisis evaluasi sebagai tindak lanjut dari hasil pelaksanaan supervisi akademik kepala sekolah berbasis model klinis dalam meningkatkan mutu sekolah Di Gugus VII SD Negeri Kecamatan Tapaktuan di Kabupaten Aceh Selatan. Metode penelitian ini didesain dalam bentuk penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data yang diperoleh dipaparkan secara terperinci sesuai dengan tujuan penelitian. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi dan wawancara langsung dengan kepala-kepala sekolah di Gugus VII SD Negeri Kecamatan Tapaktuan, Guru kelas dan guru mapel PAI yang ditetapkan sebagai informan. Tehnik keabsahan data peneliti menggunakan reduksi data, display data, dan penarikan simpulan serta menggunakan trianggulasi data. Hasil penelitian pelaksanaan Supervisi Akademik model Klinis Kepala sekolah dalam meningkatkan Mutu Pembelajaran maupun mutu sekolah secara umum di Gugus VII SD Negeri Kecamatan Tapaktuan yaitu (1) supervisi akademik model klinis kepala sekolah dilakukan dalam rangka untuk membina mutu pembelajaran guru kelas dan guru mapel PAI, (2) Mutu Guru di Gugus VII SD Negeri Kecamatan Tapaktuan, dibina dan dikembangkan melalui kegiatan peningkatan mutu berupa Workshop, IHT, Webinar, Diklat, pembinaan yang seluruh kegiatan terjadwal dengan rapi dalam RKKS. (3) Pembinaan Mutu Pembelajaran di Gugus VII SD Negeri Kecamatan Tapaktuan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Supervisi akademik Kepala Sekolah, model klinis dan Mutu Sekolah. |
Subjects: | Ilmu Sosial (300-399) > 370 Pendidikan > 370 S2 PMP |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S2 Penjaminan Mutu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email eprints@bbg.ac.id |
Date Deposited: | 14 Nov 2024 04:38 |
Last Modified: | 14 Nov 2024 04:38 |
URI: | https://eprints.bbg.ac.id/id/eprint/339 |